Banyak Tuai Protes, PPDB Jalur Zonasi Perlu Dievaluasi

Selasa, 09 Februari 2021 14:28 WITA Reporter : Makassarmetro
Banyak Tuai Protes, PPDB Jalur Zonasi Perlu Dievaluasi Debbie Purnama Rusdin.

MAKASSARMETRO – Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) tahun ajaran 2021/2022 perlu persiapan matang karena banyak menuai protes.

Anggota Komisi E DPRD Sulsel, Debbie Purnama Rusdin, mengakui pelaksanaan PPDB banyak dikeluhkan orang tua siswa. Khususnya pada sistem zonasi.

Tak sedikit orang tua, kata dia, mengeluh karena tidak mendapatkan sekolah. “PPDB itu kemarin banyak yang rancu karena kekurangan sekolah,” kata Debbie, Senin (8/2/2021).

Dia mengakui banyak mendapati keluhan orang tua siswa saat melakukan reses.

Tidak sedikit yang protes dikarenakan tidak masuk jalur zonasi, padahal jarak rumah dengan sekolah cukup dekat.

Pihaknya pun berencana menambah lima sekolah di Sulsel. Salah satunya di Kota Makassar

“Keluhan-keluhan itu nanti kita sampaikan ke Dinas Pendidikan (Disdik) Sulsel untuk sama-sma dicari jalan keluarnya,” ucapnya.

Menurutnya, kendala-kendala yang terjadi pada pelaksanaan PPDB seharusnya tidak lagi berulang. Server yang error, kebocoran data, hingga banyak siswa yang tidak tertampung bisa diantisipasi.

“Saya dulu sudah pernah rapat, berapa persen zonasi, prestasi dan afirmasi itu perlu dipastikan lagi karena paling rancu itu zonasi,” bebernya.

Persoalan serupa juga terjadi di Makassar. Tingkat SD/SMP. DPRD Makassar berharap pelaksanaan PPDB tahun ini bisa lebih ketat. Khususnya pada jalur zonasi. (*)

Topik berita Terkait:
  1. DPRD Sulsel
  2. PPDB 2021
Berikan Komentar
Komentar Pembaca