Diresmikan Gubernur Sulsel, Makassar Kini Punya RPH Modern

Selasa, 09 Februari 2021 13:41 WITA Reporter : Makassarmetro
Diresmikan Gubernur Sulsel, Makassar Kini Punya RPH Modern Foto: Humas Pemprov Sulsel.

MAKASSARMETRO – Pemerintah Kota Makassar memodernisasi rumah potong hewan (RPH) untuk meningkatkan kualitas dan produksi daging.

Senin (8/2/2021), RPH Ruminansia di Tamangapa, Kecamatan Manggala, akhirnya diresmikan usai dibangun dengan layak. Bangunan RPH itu diresmikan langsung Gubernur Sulsel, Nurdin Abdullah.

Pj Wali Kota Makassar, Rudy Djamaluddin, mengakui betapa memprihatinkannya kondisi RPH sebelum dimodernisasi. RPH itu terkenal jorok dan sangat tidak layak.

“Dulu tidak memenuhi persyaratan baik dari higienitas maupun tata cara. Kehadiran RPH ini sangat penting bagi Pemkot Makassar. Kami berharap di dalam pengoperasiannya, betul-betul ini dijaga,” kata Rudy.

Rudy menekankan supaya RPH itu bisa dijaga dan dioperasikan dengan benar sehingga bisa menghadirkan daging yang berkualitas. Rudy ingin mendukung program Pemprov Sulsel melalui produksi daging.

“Kita bisa mendukung program Pemprov untuk menghadirkan lumbung daging nasional,” ucap Rudy.

Dalam sehari, kata Rudy, RPH ini ditargetkan bisa memotong 100 ekor sapi. Dengan jumlah itu diyakini bisa memenuhi kebutuhan daging warga Makassar maupun daerah lain di Sulsel.

“Makassar cuma butuh sekitar 80 ekor per hari. Sisanya keluar daerah, itu kan banyak,” kata Rudy.

Bangunan RPH itu berdiri di atas lahan seluas 5 hektare. Untuk pengembangan selanjutnya, Rudy menyebut masih dibutuhkan lahan seluas 3,5 hektare.

Menurut Rudy, pemotongan hewan yang tidak higienis dan tidak sesuai standar akan berpengaruh terhadap kesehatan. Untuk itu, dia meminta supaya RPH baru ini dimanfaatkan semaksimal mungkin.

“Dijaga bahwa betul-betul apa yang diharapkan pemerintah provinsi di dalam memberikan bantuan RPH kepada pemerintah kota itu bisa tercapai,” kata Rudy.

Pembangunan RPH ruminansia ini dibangun di atas lahan yang disediakan Pemkot, gedung dibangun oleh pemprov dan penyediaan alat oleh pemerintah pusat.

RPH ini memiliki sejumlah peralatan yang lebih modern. Ada ruangan pendingin untuk menyimpan daging yang telah dipotong, dan pengelolaan limbah yang sudah didesain lebih modern dibandingkan sebelumnya.

Gubernur Sulsel Nurdin Abdullah mengakui kebutuhan daging di Makassar luar biasa, tetapi selama ini tidak didukung dengan RPH yang higienis.

“Sekarang ini kita sudah merasa nyaman, aman untuk mengonsumsi daging. Karena kita udah tahu jelas tempat pemotongannya, prosesnya, cara potongnya seperti apa,” kata Nurdin. (*)

Topik berita Terkait:
  1. Pemkot Makassar
Berikan Komentar
Komentar Pembaca