Vaksinasi untuk Tenaga Medis Makassar Ditargetkan Selesai Februari Ini

Kamis, 11 Februari 2021 22:43 WITA Reporter : Nurul Rahmatun Ummah
Vaksinasi untuk Tenaga Medis Makassar Ditargetkan Selesai Februari Ini Vaksinasi massal selama tiga hari di GOR Unhas pada 1 hingga 3 Februari lalu.

MAKASSARMETRO – Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Makassar menargetkan penyelesaian vaksin COVID-19 khususnya untuk tenaga kesehatan (nakes) akan selesai pada Februari ini.

Hal ini disampaikan oleh Kepala Bidang Pengendalian Penyakit Menular Dinas Kesehatan Kota Makassar, Nursaidah, saat dikonfirmasi, Rabu (10/2/2021).

“Target 15 ribuan SDMK (sumber daya manusia kesehatan) kita sendiri di Kota Makassar. Tapi, yang sudah divaksin 3.734. Ditambah hari ini yang vaksin massal 590, hanya tervaksin 500 hari ini, harusnya 900,” paparnya.

Makassar sendiri harus memvaksinasi setidaknya kurang lebih 15 ribu SDMK yang telah terdata baik dari rumah sakit, puskesmas, maupun klinik.

Diketahui selama dua pekan proses vaksinasi, baru sebanyak 4.324 SDMK yang baru divaksin COVID-19 hingga kini.

Salah satu kendala dalam vaksinasi adalah aplikasi P-Care yang kadang bermasalah dan juga banyak kendala administrasi.

“Ada masalah yang kita hadapi di antaranya bermasalahnya aplikasi P-Care serta kendala administrasi hingga ada instruksi bisa kita lakukan manual biar cepat,” bebernya.

Untuk itu Dinkes Makassar mengambil langkah, yaitu melalui sistem manual dengan cara peserta vaksin harus membawa surat pengantar dari tempat tugas masing-masing ketika hendak divaksin.

Kendati demikian, Dinkes mengupayakan sebanyak 11 ribu SDMK akan digenjot pihaknya untuk selesai vaksinasi pada akhir Februari ini.

“Digenjot sampai akhir Februari. Kita cukup tenaga vaksinator sebanyak 540. Biar cepat, kita tidak gunakan aplikasi, dimanualkan saja dengan pengantar vaksin dari tempat tugas,” jelasnya. (*)

Berikan Komentar
Komentar Pembaca