Surat Edaran Kemendagri, Danny-Fatma Dilantik Pekan Keempat Februari 2021

Rabu, 17 Februari 2021 09:44 WITA Reporter : Makassarmetro
Surat Edaran Kemendagri, Danny-Fatma Dilantik Pekan Keempat Februari 2021 Mohammad Ramdhan Pomanto-Fatmawati Rusdi.

MAKASSARMETRO – Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) mengeluarkan surat edaran mengenai pelantikan kepala daerah pemenang pilkada serentak 2020, termasuk Kota Makassar, Sulawesi Selatan. Rencananya akan digelar pada pekan keempat Februari ini.

Dalam surat edaran yang ditandatangani Direktur Jendral Otonomi Daerah, Akmal Malik, pelantikan dilakukan oleh gubernur pada pekan keempat Februari 2021 secara virtual dengan menerapkan protokol kesehatan COVID-19.

Hal tersebut tertuang dalam surat edaran dengan Nomor 131/966/OTDA mengenai tentang Pelantikan Bupati/Wakil Bupati dan Wali Kota/Wakil Wali Kota Melalui Media Teleconference dan/atau Video Conference.

“Bulan Februari 2021 yang tidak ada sengketa perkara di Mahkamah Konstitusi,” kata Akmal dalam surat yang diteken pada 15 Februari 2021.

Sementara itu, mereka yang bersengketa di Mahkamah Konstitusi, tetapi sengketa tersebut telah diputuskan pada 15-16 Februari 2021 lalu untuk tidak dilanjutkan perkaranya pada sidang berikutnya (ditolak).

Dalam surat itu tertuang, Gubernur, Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Daerah, dan Ketua Komisi Pemilihan Umum Kabupaten untuk mempercepat proses pengusulan pengesahan pengangkatan Bupati/Wakil Bupati dan Wali Kota/Wakil Wali Kota agar dapat dilantik secara bersama-sama pada pekan keempat Februari 2021.

Sebelumnya, Wali Kota Makassar terpilih, Mohammad Ramdhan Pomanto, mengatakan dirinya tidak mempermasalahkan soal jadwal pelantikan. Danny, sapaan akbranya, mengaku dirinya selalu tunduk pada keputusan negara.

“Kita ikut saja arahan pusat dan Bapak Gubernur karena ini pelantikan serentak dan otorisasinya ada di Kemendagri,” kata Danny, Senin (15/2/2021).

Sementara itu, juru bicara Gubernur Sulsel, Veronica Moniaga, mengatakan pelantikan kepala daerah pemenang pilkada 2020 akan dilakukan pada 25 Februari 2021.

“Baru hari ini SK dari Dirjen Otda Kemendagri terkait pelantikan pemenang Pilkada 2020 baru diterima oleh Pemerintah Provinsi Sulsel. Dalam SK itu tercantum pelantikan digelar pada 25 Februari 2021,” kata Veronica, Selasa (16/2/2021). (*)

Berikan Komentar
Komentar Pembaca