Terima Edaran Kemendagri, Pemprov Sulsel Belum Pastikan Jadwal Pelantikan Kepala Daerah

Rabu, 17 Februari 2021 14:47 WITA Reporter : Nurul Rahmatun Ummah
Terima Edaran Kemendagri, Pemprov Sulsel Belum Pastikan Jadwal Pelantikan Kepala Daerah Kepala Dinas Kominfo SP Sulawesi Selatan, Amson Padolo.

MAKASSARMETRO – Pemerintah Provinsi Sulawesi Selatan telah menerima Surat Edaran Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) perihal pelantikan kepala daerah terpilih.

Hal ini disampaikan Kepala Dinas Kominfo SP Sulawesi Selatan, Amson Padolo, saat dikonfirmasi pada Rabu (17/02/2021).

Amson menyebutkan, dalam surat itu tertuang, Gubernur, Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Daerah, dan Ketua Komisi Pemilihan Umum Kabupaten untuk mempercepat proses pengusulan pengesahan pengangkatan Bupati/Wakil Bupati dan Wali Kota/Wakil Wali Kota agar dapat dilantik secara bersama-sama pada pekan keempat Februari 2021.

“Pemprov pasti akan selalu mengikuti petunjuk dari Kemendagri dan semua pelantikan itu akan selalu dikonsultasikan dengan Kemendagri,” kata Amson.

Kendati dilaksanakan pada pekan keempat Februari, Amson belum bisa memastikan kapan tanggal pasti pelantikan dilaksanakan. Apakah mengikuti arahan Kemendagri yaitu tanggal 25 atau diserahkan ke pihak pemerintah provinsi.

“Kami menunggu SK dari Kemendagri. Setelah ada baru kami tetapkan dan kami juga menunggu arahan Mendagri apakah pelantikan serentak seluruh Indonesia atau diserahkan ke provinsi untuk penentuan tanggal setelah ada SK,” terang Amson.

Sementara itu, kepala daerah kabupaten yang telah habis masa tugasnya hari ini, Gubernur telah menyerahkan surat keputusan (SK) Pelaksana harian (Plh) kepada Sekretaris Daerah (Sekda) masing-masing. Ada 10 Plh yang ditunjuk kecuali Kabupaten Toraja Utara dan Kota Makassar.

“Kalau Pj Wali Kota itu, kan, sampai bulan Juni batas jabatannya atau sampai dilantiknya wali kota definitif nanti,” terangnya.

Rabu (17/2/2021), Gubernur Sulawesi Selatan, Nurdin Abdullah, menyerahkan SK Plh Bupati kepada Sekda Barru, Bulukumba, Gowa, Kepulauan Selayar, Luwu Timur, Luwu Utara, Maros, Pangkep, Soppeng, dan Tana Toraja.

Nurdin berharap dengan masa tugas yang cukup singkat, seluruh Plh diharapkan bisa bekerja dengan baik dan benar dalam mengemban amanah.

“Iya, meski cukup singkat, tapi kami berharap Bapak-Ibu sebagai pelaksana tugas harian bupati ini bekerja dengan baik untuk menyiapkan pelantikan bupati definitif,” kata Nurdin di Kantor Gubernur Sulsel, Jalan Urip Sumoharjo Makassar. (*)

Berikan Komentar
Komentar Pembaca