Dinas Perpustakaan Kota Makassar Gelar Sentuh Pustaka di Sekolah-Sekolah

Kamis, 18 Februari 2021 16:51 WITA Reporter : Nurul Rahmatun Ummah
Dinas Perpustakaan Kota Makassar Gelar Sentuh Pustaka di Sekolah-Sekolah

MAKASSARMETRO – Memberi penguatan terhadap perpustakaan sekolah, Dinas Perpustakaan Kota Makassar menggelar sentuh pustaka di beberapa sekolah.

Pustakawan, Tulus Wulan Juni, mengatakan bahwa bersama tim dari Dinas Perpustakaan Kota Makassar, kegiatan ini berlangsung 15-25 Februari.

Dia mengatakan, sudah ada tiga sekolah yang dikunjungi, yakni SDN Mangkura, SDN Mangkura 1, dan SDN Borong di Kecamatan Manggala.

Ada 16 sekolah yang butuh penguatan sepanjang 2020-2021. Sentuh Pustaka melibatkan mitra, dari pustakawan, Kelompok Kerja Pustakaan Sekolah (KKPS), pegiat literasi, juga penerbit.

“Mengapa tahun 2020-2021? Karena tahun lalu vakum akibat pandemi COVID-19, jadi sekarang diaktifkan kembali disesuaikan dengan adaptasi kebiasaan baru,” kata Tulus, Kamis (18/02/2021).

Terkait dengan akreditasi perpustakaan, ada 77 indikator yang mesti dipenuhi oleh perpustakaan SD. Kalaupun tidak bisa memenuhi seluruhnya, jangan sampai di bawah 10 persen.

Tulus menyampaikan, kebanyakan terkendala aspek infrastruktur, yakni keterbatasan ruangan. Namun, hal itu bisa dicarikan solusi dengan pemanfaatan outdoor. Kemudian ada aspek yang terkait dengan inovasi dan keunikan perpustakaan sekolah yang bersangkutan.

Sebelum tim turun, disarankan sekolah melakukan Sentuh Pustaka mandiri. Sementara itu, untuk penyusunan borang nanti didampingi oleh KKPS.

Tulus menekankan, akreditasi bukan akhir, melainkan bagaimana pemanfaatan perpustakaan bagi pemustaka, terutama dukungan terhadap pembelajaran. Apalagi selama pandemi anak-anak melakukan pembelajaran jarak jauh (PJJ).

“Selama pandemi yang mesti dilakukan adalah layanan melalui online agar buku digital yang jadi koleksi perpustakaan bisa diakses melalui gawai anak-anak,” sarannya.

Berbeda dengan tahun sebelumnya yang awalnya Sentuh Pustaka hanya berupa pembinaan, termasuk bimbingan teknis (bimtek), tahun ini Dinas Perpustakaan Kota Makassar langsung turun memberikan penguatan.

Enam kelompok yang melakukan kegiatan Sentuh Pustaka ini, yang nanti jadi bagian dari akreditasi perpustakaan.

“Sentuh Pustaka ini ada sembilan tahapan, yang dilakukan hari ini merupakan tahap awal. Tujuannya, untuk menjamin ke siswa bahwa perpustakaan yang dikunjungi memenuhi standar layanan perpustakaan,” ucapnya.

Tim akreditasi dari Dinas Perpustakaan Kota Makassar, yakni Tulus Wulan Juni, Thamrin, Mursalim, Rezky Amelia Jumain, Muhammad Syaiful, dan Melati. (*)

Berikan Komentar
Komentar Pembaca