Dinas Kesehatan Makassar: Stok APD Masih Aman, Cukup untuk Beberapa Bulan

Sabtu, 27 Februari 2021 14:22 WITAReporter : Makassarmetro
Dinas Kesehatan Makassar: Stok APD Masih Aman, Cukup untuk Beberapa BulanIlustrasi.

MAKASSARMETRO – Dinas Kesehatan Kota Makassar menyampaikan bahwa sejauh ini stok alat pelindung diri (APD) petugas puskesmas mulai berkurang. Meski begitu, stok masih aman.

Plt Kepala Dinas Kesehatan Makassar, Agus Djaja Said, berujar awal-awal pandemi penggunaan APD memang cukup tinggi. Itu karena petugas menangani pasien yang cukup banyak.

“Sekarang tidak lagi. Karena dahulu, kan, menumpuk orang mau periksa. Sekarang sudah tidak begitu karena sudah teratur sistem pemeriksaan kita di puskesmas,” beber Agus dikutip dari Sindonews, Sabtu (27/2/2021).

Agus mengatakan, penggunaan APD saat ini juga tidak sama seperti dahulu. Saat ini, APD lengkap hanya digunakan ketika ingin menangani pasien Covid-19.

“Sekarang itu penekanannya pada penggunaan masker dan face shield. Kalau hazmat nanti saat melayani masyarat misalnya mau tes swab,” ujar dia.

Agus menyebut stok APD sejauh ini masih aman. Bisa digunakan dalam beberapa bulan ke depan sehingga tidak ada kekhawatiran kehabisan APD seperti awal-awal COVID-19. (*)

Berikan Komentar
Komentar Pembaca