DPRD Makassar Balap Perampungan Ranperda Bank Perkreditan Rakyat

Sabtu, 20 Maret 2021 16:10 WITAReporter : Makassarmetro
DPRD Makassar Balap Perampungan Ranperda Bank Perkreditan RakyatKantor DPRD Kota Makassar.

MAKASSARMETRO – Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kota Makassar secepatnya akan merampungkan rancangan peraturan daerah (ranperda) peralihan status PT Bank Perkreditan Rakyat (BPR) menjadi perseroda. Selanjutnya akan didaftarkan ke Otoritas Jasa Keuangan (OJK).

BPR yang nantinya telah beralih status menjadi perseroda sudah harus didaftar ke OJK paling lambat 30 Maret 2021. Hal ini seperti disampaikan Anggota Pansus Ranperda BPR DPRD Makassar, Fasruddin Rusli.

Sesuai regulasi, badan usaha milik daerah (BUMD) yang masih berstatus perusda, mesti segera beralih status menjadi perumda paling lambat tiga tahun sejak dikeluarkannya Peraturan Pemerintah Nomor 54/2017 tentang Badan Usaha Milik Daerah (BUMD).

Peralihan yang ditetapkan dalam peraturan daerah (perda) sudah seharusnya selesai Desember 2020 lalu. Hanya, OJK lalu memberikan kompensasi perpanjangan waktu merampungkan Ranperda Perumda BPR hingga akhir bulan ini.

“Harus maksimal sampai tanggal 30 harus terdaftar di OJK,” urai Fasruddin dikutip Sindonews, Sabtu (20/3/2021).

Selain itu masih ada penyertaan modal terhadap PT BPR yang harus diselesaikan Pemkot Makassar.

Penyertaan modal untuk BPR tersebut sulit disalurkan lantaran mengharuskan Perseroan minimal memiliki tiga pemilik saham yang hingga hari ini masih sulit terwujud. Alhasil BPR masih sulit beroperasi dengan bebas. (*)

Topik berita Terkait:
  1. DPRD Makassar
Berikan Komentar
Komentar Pembaca