Di Hadapan Peserta Diksar Komando, Danny Pomanto: Bersatu Lawan Ancaman Negara

Selasa, 23 Maret 2021 17:28 WITAReporter : Nurul Rahmatun Ummah
Di Hadapan Peserta Diksar Komando, Danny Pomanto: Bersatu Lawan Ancaman Negara

MAKASSARMETRO – Wali Kota Makassar, Moh. Ramdhan Pomanto. menjadi inspektur upacara penutupan pendidikan dan latihan dasar (diksar) resimen mahasiswa Wolter Monginsidi Sub Kota Makassar, Rindam XIV Hasanuddin Pakatto, Selasa (23/3/2021).

Dalam amanatnya, Danny–sapaan akrab Wali Kota Makassar–mengatakan pentingnya berbela negara. Diklat ini sangatlah penting untuk dipahami dan dimengerti secara benar oleh seluruh warga negara republik Indonesia.

Danny menyebutkan ancaman bukan dari luar saja, tetapi juga dari dalam. Seperti narkoba, radikalisme, dan pandemi Covid-19.

“Pendidikan ini bersifat peningkatan disiplin, loyalitas, sikap perilaku, tanggung jawab, percaya diri dan memiliki mental yang kuat bila dihadapkan dengan tugas-tugas yang berat sekalipun seperti di masa pandemi Covid-19 ini. Kita dipaksa untuk menghadapinya. Ini ancaman negara,” katanya.

Ancaman tersebut, kata Danny, bisa selesai apabila rakyat bersatu melawannya. “Pandemi ini ibarat musuh. Kita harus punya sistem dan rencana disiplin yang matang melawannya. Dari diksar inilah kita dilatih kebiasaan disiplin,” tuturnya.

Diksar ini diikuti oleh puluhan mahasiswa yang berasal dari berbagai perguruan tinggi di Kota Makassar. Selama sepekan mereka mendedikasikan dirinya untuk mendalami apa arti bela negara dari segi sikap dan prinsip.

“Harapan saya dengan penutupan diklat ini dapat dijadikan sebagai pembangkit semangat, membangun kesadaran kita semua untuk semakin memperkokoh persatuan dan kesatuan hidup berdampingan. Karenanya, kesempatan ini peserta diklat harus mengimplementasikan dalam kehidupan sehari-hari,” harap Danny.

Penutupan ini dihadiri Wadanrindam XIV Hasanuddin, Kolonel Inf A.M. Ali, Komandan Menwa Sub Kota Makassar, Iptu A. Rahmatullah, serta para instruktur dan pelatih. (*)

Berikan Komentar
Komentar Pembaca