Bumbu Dapur Alami Kenaikan Harga Jelang Ramadan, Emak-emak dan Pedagang Mengeluh

Rabu, 24 Maret 2021 13:52 WITAReporter : Nurul Rahmatun Ummah
Bumbu Dapur Alami Kenaikan Harga Jelang Ramadan, Emak-emak dan Pedagang MengeluhIlustrasi.

MAKASSARMETRO – Warga Kota Makassar mulai mengeluhkan sejumlah bumbu dapur yang mengalami kenaikan harga jelang Ramadan. Khususnya pada komuditas cabai dan bawang putih.

Seperti yang dirasakan Rimang (40), ibu rumah tangga. Menurutnya, kenaikan beberapa bumbu dapur yang jadi salah satu kebutuhan pokok
jelang Ramadahan sangat memberatkan.

“Ya, dulu kita bisa masak makanan sampai terasa bumbunya, tapi sekarang beberapa bumbu mengalami kenaikan. Sekarang kita cuma bisa beli sedikit,” kata Rimang, Rabu (24/03/2021), ketika berbelanja di Pasar Tradisional Jongkok.

Emak-emak yang tinggal di Perumnas Antang, Kecamatan Manggala, ini mengaku bisa saja menggunakan bumbu instan. Namun, menurutnya, bumbu alami seperti cabai, bawang merah, bawang putih memiliki cita rasa yang khas.

Rimang mengaku, harga bumbu dapur yang paling melonjak di pasaran itu harga cabai, baik kecil maupun besar, disusul dengan harga bawang putih, serta garam.

“Sekarang cabai kalau beli Rp5.000 cuma dapat empat puluh biji, bawang putih Rp3.000 satu siung, sedang garam menyentuh Rp6.000 per bungkus ini mahal sekali,” katanya.

Rimang mengatakan, tidak bisa berbuat banyak mengingat bumbu merupakan bumbu utama dalam setiap masakan. Dia pun hanya bisa pasrah terkait kenaikan harga ini.

Keluhan tidak hanya datang dari ibu-ibu rumah tangga. Dg Narang yang merupakan pedagang bumbu juga mengeluhkan kenaikan harga terutama untuk komuditas cabai.

Dg Narang mengaku, cabai yang dijualnya tinggal dan menjadi busuk. “Banyak cabai yang tinggal dan busuk bahkan sampai berulat jadi kita lagi yang rugikan, baik (cabai) kecil dan besar mahal semua,” kata Dg Narang.

Dg Narang menjelaskan, kenaikan harga cabai ini dikarenakan kurangnya pasokan disebabkan cuaca ekstrem. Imbasnya, banyak yang mengalami gagal panen.

Di pasaran saat ini, cabai rawit dari harga kisaran Rp20.000 per kilogram kini melambung tinggi menjadi Rp80.000, cabai keriting dari Rp15.000 per kilogram menjadi Rp30.000.

Selanjutnya, cabai merah besar naik dari Rp20.000 menjadi Rp35.000 per kilogram. Cabai hijau masih terpantau normal dengan harga Rp10.000 per kilogram.

Sementara itu untuk bawang putih yang sebelumnya Rp15.000 kilogram, sekarang naik sekitar Rp25.000. Kendati bawang putih mengalami kenaikan sebesar Rp10.000, bawang merah mengalami hal sebaliknya, yang dari Rp40.000 per kilogram malah turun menjadi Rp30.000. (*)

Berikan Komentar
Komentar Pembaca