Gelar Kopi Darat, Pemkab Gowa Vaksinasi Covid-19 Ratusan Mitra Gojek

Kamis, 25 Maret 2021 13:54 WITAReporter : Makassarmetro
Gelar Kopi Darat, Pemkab Gowa Vaksinasi Covid-19 Ratusan Mitra Gojek

MAKASSARMETRO – Gojek terus mendukung upaya pemerintah dalam menangani pandemi Covid-19 termasuk membantu percepatan program vaksinasi dengan melibatkan seluruh Mitra Gojek Gowa yang merupakan urat nadi logistik dan mobilitas nasional dalam program vaksinasi dari Pemerintah Kabupaten Gowa.

Program vaksinasi yang dijalankan oleh pemerintah daerah ini merupakan pertama di Sulawesi bagi pekerja sektor transportasi publik yang berlangsung pada Rabu (24/3/2021) di Gedung Mulia 786 Samata Gowa, Sulawesi Selatan.

Pelaksanaan program vaksinasi ini merupakan salah satu agenda acara yang ada di dalam kegiatan Spesial Kopi Darat (Kopdar) Mitra Gojek Gowa. Kopi darat merupakan wadah aspirasi dan komunikasi langsung antara Mitra Gojek dengan manajemen yang dilakukan secara berkala yang kali ini dihadiri oleh Bupati Gowa, Adnan Purichta Ichsan, sebagai salah satu bintang tamunya.

Dalam Kopdar tersebut, Bupati Gowa memberikan sosialisasi terkait vaksin dan juga memberikan motivasi untuk segera divaksin. “Hari ini adalah upaya bersama untuk lepas dari pandemi Covid-19 di Kabupaten Gowa dan di Sulawesi Selatan. Agar bisa lepas yang dibutuhkan adalah kerja sama, protokol kesehatan, jaga jarak, masker dan sebagainya. Termasuk kolaborasi hari ini adalah vaksinasi. Bapak-ibu mitra Gojek adalah termasuk sebagai garda terdepan yang melayani masyarakat Gowa. Inilah bagian dari upaya pemerintah untuk memutus mata rantai Covid-19,” kata Adnan.

Dalam kesempatan yang sama, Bupati Gowa juga mendampingi Mitra Gowa yang sedang divaksin didampingi oleh Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Gowa, dr. Hasanuddin, District Head Gojek Sulawesi, Adwin P. Anas, dan Senior Manager Public Policy and Government Relations Gojek Sulawesi, Mohammad Khomeiny.

Bupati Gowa menyampaikan apresiasi kepada Gojek sebagai mitra strategis pemerintah Sulawesi terutama dalam konsistensinya membantu penanganan pandemi Covid-19 di Gowa, Sulawesi. “Kami mengapresiasi langkah Gojek dalam mendukung program vaksinasi pemerintah dengan melibatkan 300 mitra Gojek di Gowa untuk divaksin. Gojek telah berkontribusi nyata dalam percepatan program vaksinasi Pemerintah di Sulawesi Selatan khususnya di Gowa,” bebernya.

Pelaksanaan program vaksinasi untuk pekerja sektor transportasi publik ini melibatkan 300 driver ber-KTP Gowa. Terlihat Antusiasme Mitra Gojek yang sejak pukul 07.00 pagi dengan tertib dan menjaga jarak aman mendatangi lokasi vaksinasi.

Senior Manager Public Policy & Government Relations Gojek Sulawesi, Mohammad Khomeiny, mengatakan, “Kami berterima kasih kepada Pemerintah Kabupaten Gowa yang telah memberikan kepercayaan kepada mitra kami untuk divaksinasi pertama kali dari kelompok pekerja sektor transportasi publik di Sulawesi. Sejak awal Gojek berkomitmen mendukung upaya Pemerintah dengan menjadi yang pertama melakukan berbagai edukasi, sosialisasi, dan implementasi protokol kesehatan di setiap layanan Gojek dengan melibatkan seluruh bagian ekosistem, mulai dari karyawan, mitra driver, mitra usaha dan pengguna, sebab kesehatan dan keselamatan ekosistem merupakan prioritas kami.”

Selain itu bentuk dukungan Gojek terhadap program percepatan vaksinasi oleh pemerintah pusat dan daerah adalah dengan memberikan kemudahan akses bagi mitra driver untuk mendapatkan informasi tentang vaksin melalui Kopdar & informasi di dalam aplikasi mitra.

Sebelumnya Gojek juga ditunjuk oleh Wali Kota Makassar, Moh Ramdhan Pomanto menjadi mitra resmi untuk transportasi dari-dan-menuju lokasi vaksin di Hotel Dalton yang juga dihadiri oleh Presiden Republik Indonesia Joko Widodo.

Selain itu juga, di tahun 2021 ini atas kontribusinya selama pandemi, Gojek juga mendapatkan apresiasi dari Ketua Umum PMI Pusat Jusuf Kalla untuk kontribusinya membantu persediaan stok darah PMI di Makassar yang kebutuhannya meningkat selama pandemi.

Khomeiny menyampaikan, “Sejak awal pandemi, Gojek secara aktif berkolaborasi dengan pemerintah Gowa untuk mendukung program pemerintah dalam penyebaran Covid-19. Bahkan pada Agustus 2020 lalu, Gojek juga menginisiasi program J3K (Jaga Kebersihan, Kesehatan dan Keamanan) dengan menyediakan Posko Aman di Kantor Kabupaten Gowa serta membagikan ratusan masker dan hands sanitizer bagi mitra dan masyarakat Gowa.”

Selain itu, beberapa inisiatif yang Gojek Sulawesi jalankan di antaranya pengurusan surat tilang menggunakan GoSend bekerja sama dengan Pengadilan Tinggi Makassar, kerjasama dengan PD Pasar Makassar Raya dalam pembelian kebutuhan pokok di 13 pasar tradisional di Sulawesi Selatan dengan menggunakan GoShop, pembayaran Pajak Bumi dan Bangunan melalui Go-Tagihan, contactless payment melalui Go-Parking di beberapa Mall di Sulawesi dan pemberdayaan UMKM dengan pelatihan Wirausaha bekerjasama dengan Dekranasda dan TP-PKK Sulawesi Selatan serta masih banyak lainya. (*)

Topik berita Terkait:
  1. Gojek
  2. Pemkab Gowa
Berikan Komentar
Komentar Pembaca