Gelar RAT Tepat Waktu, Diskop UKM Angkat Jempol untuk Koperasi Pengayoman Rutan Makassar

Sabtu, 27 Maret 2021 16:38 WITAReporter : Makassarmetro
Gelar RAT Tepat Waktu, Diskop UKM Angkat Jempol untuk Koperasi Pengayoman Rutan Makassar

MAKASSARMETRO – Dinas Koperasi dan UKM Kota Makassar mengapresiasi diselenggarakannya Rapat Anggota Tahunan (RAT) Koperasi Pengayoman Rutan Makassar.

Kegiatan tersebut diikuti seluruh pimpinan, pengurus, dan anggota Koperasi Pengayoman baik langsung maupun virtual di Aula Gedung I, Sabtu (27/3/2021).

“Izinkan saya menyampaikan apresiasi yang setinggi-tingginya kepada jajaran pengurus karena dapat melaksanakan RAT secara tepat waktu. Tentu ini berkat kerjasama pengurus dan pengawas serta kepedulian Pembina terhadap koperasi Pengayoman,” ujar Ariani Syam, Kepala Seksi Pendaftaran dan Hukum mewakili Kepala Dinas Koperasi dan UKM Kota Makassar.

Ariani menilai laporan keuangan koperasi Pengayoman Rutan Makassar sangat sehat. Terukur dari tingkat laporan keuangan dimana rasio likuiditas dan solvabilitas serta rentabilitas masih di atas normal yang menunjukkan semua di atas standar yang ditetapkan.

“Pandemi, banyak pelaku usaha kecil bahkan usaha besar terkena dampaknya. Banyak koperasi yang terjun bebas, merugi. Namun, di Rutan Makassar berdasarkan laporan, meski rasio keuntungan terbilang sedikit alhamdulillah masih bisa diacungkan jempol dan hasilnya bisa dinikmati anggota. Tentu ini berkat kinerja dan sinergi positif antar pengurus dan anggota,” ujarnya disambut riuh tepuk tangan peserta RAT.

Sementara itu, Wakil Ketua Dekopinda Makassar, Bassi Abbasi turut mengapresiasi pelaksanaan RAT Koperasi Pengayoman Rutan Makassar secara tepat waktu. Menurutnya, hal ini terbukti secara hukum telah melaksanakan amanat undang-undang.

“Kami dari Dekopinda tetap memberikan dukungan sebagaimana kegiatan ini dapat menghasilkan sebuah keputusan yang tentu untuk mensejahterakan anggota. Kalau ada hal-hal terkait pengelolaan koperasi yang memerlukan advokasi, edukasi kepada penngurus, pengawas maupun anggota, Dekopinda selalu terbuka untuk memberikan masukan atau pendapat,” ujarnya.

Sementara Ketua Keperasi Pengayoman Rutan Makassar, Musiyanto Jimmy mengatakan, RAT kali ini digelar untuk melaporkan kepada anggota terkait pertanggungjawaban tahun 2020. Jimmy mengatakan, tahun 2020 menjadi tahun berat bagi hampir seluruh sektor ekonomi atau usaha. Namun dengan pengelolaan yang baik, koperasi Rutan Makassar bisa terus mengembangkan usahanya yang berdampak pada peningkatan laba koperasi.

“Sejauh ini total aset Koperasi Rp3,3 miliar, dengan SHU tahun 2020 sebesar Rp261 juta,” ujarnya menyampaikan laporan.

Menurut Jimmy, hal ini juga tidak lepas dari kedisiplinan anggota dalam mematuhi serta turut mensukseskan visi dan misi koperasi.

“Rata-rata semua anggota disiplin dalam memenuhi kewajiban pembayaran sehingga angka kredit macet bisa terus ditekan,” jelas Jimmy.

Kegiatan ditutup dengan meriah diwarnai pengundian doorprize kepada seluruh anggota. Pagelaran RAT kali ini Koperasi Pengayoman menyediakan total 58 doorprize hadiah undian, terdiri atas 3 hadiah utama, yakni 3 unit TV 32 inci, 3 kulkas, dan 3 TV 24 inci.

Selebihnya ada 49 hadiah hiburan yang terdiri atas speaker, dispenser, kompor gas, kipas angin, setrika, blender, dan seprei.

Sulistyadi selaku pembina koperasi menyebut doorprize yang dibagikan adalah bentuk apresiasi atas dukungan dan partisipasi seluruh anggota dalam memajukan KPRI Pengayoman Rutan Makassar.

“Selamat kepada yang beruntung hari ini, semoga bermanfaat dan jaya selalu KPRI Pengayoman Rutan Makassar,” ucapnya usai mencabut lot doorprize. (*)

Berikan Komentar
Komentar Pembaca