Penanganan Covid-19, New York Gunakan Aplikasi Mirip dengan Program Makassar Recover

Minggu, 28 Maret 2021 08:43 WITAReporter : Nurul Rahmatun Ummah
Penanganan Covid-19, New York Gunakan Aplikasi Mirip dengan Program Makassar RecoverMohammad Ramdhan Pomanto.

MAKASSARMETRO — Program inovasi yang dicetuskan oleh Wali Kota Makassar, Moh. Ramdhan Pomanto, yakni Makassar Recover banyak menuai pujian.

Hal ini dikarenakan program Makassar Recover diyakini akan sangat efektif dalam memutus rantai penyebaran Covid-19.

Di-launching pada 5 Maret 2021, Makassar Recover berjalan ditandai dengan diadakannya Festival Smart Vaksinasi yang dihadiri langsung oleh Presiden RI, Joko Widodo (Jokowi).

Makassar Recover merupakan gabungan dari komitmen Wali Kota dan Wakil Wali Kota Makassar memberantas Covid-19 di Kota Makassar, dan bakal diimplementasikan melalui tiga sub program, yaitu penguatan imunitas, adaptasi sosial, dan pemulihan ekonomi.

Tiga sub program ini bakal dilakukan melalui berbagai tahap, masing-masing 11 metode untuk penguatan imunitas, 9 metode untuk adaptasi sosial, dan 6 metode untuk pemulihan ekonomi.

“Kita lakukan semua ini by digital. Jadi kami punya dashbord sendiri yang kita buat tersinkron dengan T-care. Jadi di sini kita bisa pantau pergerakan masyarakat kita siapa yang sudah divaksin, siapa yang penyintas. Kita segera simulasi,” kata Danny, sapaan Wali Kota Makassar, Sabtu (27/3/2021).

Hal yang sama ternyata dilakukan di New York, Amerika Serikat. Dilansir website resmi pemerintahan New York, Gubernur Cuomo, baru saja mengumumkan Excelsior Pass sebagai platform yang digunakan untuk membantu reopening aktivitas bisnis dan event di wilayah yang terkena dampak tertinggi di Amerika Serikat.

Teknologi ini bekerja sama sengan IBM dengan fungsi yang dapat membantu mengonfirmasi data vaksin dan hasil negatif pada individu saat di ruang publik.

Melihat hal tersebut, Danny berbangga karena sebelum New York mengumumkan programnya, dirinya sudah jauh lebih dulu mencetuskan dan merealisasikan ide cemerlangnya untuk kepentingan warga Makassar.

Perbedaannya, Makassar Recover jauh lebih lengkap programnya dan merata untuk semua. Sementara, di New York, program excelsior pass hanya dapat digunakan sebagai “tiket masuk” dengan informasi vaksin dan hasil negatif PCR atau antigen.

Keduanya dapat digunakan sebagai tiket entry di ruang publik. Berbeda halnya dengan Makassar Recover yang merupakan program masif yang dapat me-record health status pada individu di Makassar secara komprehensif.

“Saya baca dan program di New York ini mirip-mirip dengan program Makassar Recover-nya kita, tapi kita lengkap mencakup tiga sub besar yang kita sasar. Alhamdulillah kita lebih dulu daripada New York. Semoga program kita masing-masing ini sukses dan berjalan sesuai yang diharapkan demi kepentingan rakyat,” beber Danny. (*)

Topik berita Terkait:
  1. Pemkot Makassar
Berikan Komentar
Komentar Pembaca