BMKG: Masyarakat Waspadai Cuaca Buruk di Sulsel

Kamis, 01 April 2021 16:31 WITAReporter : Makassarmetro
BMKG: Masyarakat Waspadai Cuaca Buruk di SulselIlustrasi.

MAKASSARMETRO – Balai Besar Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BBMKG) Wilayah IV Makassar mengimbau masyarakat untuk wasdapa dampak bencana terjadi karena cuaca buruk. Selama beberapa hari ke depan berpotensi terjadi cuaca buruk.

“Potensi banjir, genangan, tanah longsor, angin kencang, pohon tumbang, meluapnya area tambak budidaya dan keterlambatan jadwal penerbangan/pelayaran,” kata Kepala BBMKG IV Makassar Darmawan dalam keterangan tertulisnya, Rabu (31/3/2021).

Darmawan menjelaskan, hujan lebat disertai angin kencang berpotensi terjadi akibat peningkatan aktivitas pertumbuhan awan hujan di sebagian besar daerah di Sulsel.
Kondisi itu bisa terjadi selama tiga hari, dari 1-3 April 2021, terutama di dua wilayah, yakni pesisir barat dan selatan Sulsel.

Wilayah pesisir barat Sulsel meliputi Kabupaten Pinrang, Kota Parepare, Kabupaten Barru, Soppeng, Pangkep, Maros, Kota Makassar, Takalar, dan Gowa. Sementara pesisir selatan meliputi Kabupaten Jeneponto, Bantaeng, Bulukumba, hingga Selayar.

BBMKG IV Makassar mencermati bahwa kondisi ini, merupakan bagian dari dinamika atmosfer yang terjadi di Sulsel.

Selain itu, aktifnya gelombang yang berpropagasi ke arah barat, memicu peningkatan aktifitas curah hujan disertai angin kencang.

“Kondisi ini diperkirakan terjadi karena adanya labilitas kuat yang mendukung proses konvektif serta adanya daerah konvergensi sepanjang Selat Makassar menyebabkan potensi peningkatan curah hujan,” jelas Darmawan.

Selain itu, BBMKG juga mengingatkan, agar para pengguna jasa transportasi darat, laut dan udara, tetap berhati-hati terhadap dampak bencana hidrometeorologi saat ini. BBMKG akan tetap melaporkan perkembangan kondisi setiap saat.

“Masyarakat diharapkan agar tetap memperhatikan informasi dari BMKG serta instansi terkait untuk memastikan mitigasi bencana dapat dilakukan dengan baik,” kata Darmawan. (*)

Topik berita Terkait:
  1. BMKG Makassar
  2. Cuaca Buruk
Berikan Komentar
Komentar Pembaca