BPBD Gowa Siagakan Posko 24 Jam Antisipasi Bencana

Sabtu, 03 April 2021 10:59 WITAReporter : Makassarmetro
BPBD Gowa Siagakan Posko 24 Jam Antisipasi BencanaIlustrasi.

MAKASSARMETRO – Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Gowa meningkatkan kesiapsiagaan dalam menghadapi bencana. Ini menyusul cuaca ekstrem yang berdampak pada banjir dan pohon tumbang di sejumlah titik.

Kepala BPBD Gowa, Ikhsan Parawansa, mengatakan pihaknya telah membangun posko bencana sebagai langkah antisipasi bencana alam. Posko akan disiagakan selama 24 jam.

“Jika ada kejadian-kejadian, kami langsung turun dan di posko kami terus memantau dan kami siap mem-back up jika ada hal yang terjadi yang tidak diinginkan,” katanya dalam siaran pers, Jumat (2/4/2021).

Posko penanganan bencana tidak hanya disiagakan di tingkat kabupaten. Posko juga disiagakan di tingkat kecamatan, desa, maupun kelurahan.

“Pak Bupati Gowa (Adnan Purichta Ichsan) juga sudah ada surat ke seluruh camat, desa untuk membuat posko bencana alam maupun nonalam. Jadi teman-teman di kecamatan dan desa serta kelurahan itu membuat posko,” tutur Ikhsan.

Bupati Gowa, Adnan Purichta Ichsan, mengatakan curah hujan yang tinggi mengakibatkan status hilir Sungai Jeneberang berstatus waspada. Hal ini berdasarkan hasil pemantauan di Bendungan Bissua.

Adnan juga mengungkapkan bahwa angin kencang menyebabkan banjir dan puluhan pohon tumbang di sejumlah titik di wilayah Kabupaten Gowa. Hingga saat ini tercatat sudah sebanyak 35 pohon tumbang, termasuk banyak juga kantor dan rumah yang rusak akibat cuaca ekstrem tersebut.

Untuk itu dia mengimbau agar masyarakat meningkatkan kewaspadaan dan berdoa supaya cuaca ekstrem segera berlalu.

“Mari kita semua berdoa, agar situasi ini tidak meningkat dan segera berlalu. Semoga kita semua selalu dalam lindungan Tuhan Yang Maha Esa,” katanya dikutip dalam akun Instagram pribadinya. (*)

Topik berita Terkait:
  1. BPBD Gowa
  2. Pemkab Gowa
Berikan Komentar
Komentar Pembaca