DLH Makassar Catat 50 Pohon Tumbang, Tidak Ada Korban Jiwa

Sabtu, 03 April 2021 09:27 WITAReporter : Nurul Rahmatun Ummah
DLH Makassar Catat 50 Pohon Tumbang, Tidak Ada Korban Jiwa

MAKASSARMETRO – Satu unit rumah milik warga dan satu mobil ambulanse dari Dinas Kesehatan (Dinkes) Provinsi Sulawesi Selatan rusak. Hal itu diakibatkan pohon tumbang pada Jumat (2/4/2021).

Plt Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kota Makassar, Iman Hud, menerima laporan rumah yang rusak di timpa pohon berlokasi Jalan Dangko, Kelurahan Ballang Baru, Kecamatan Tamalate.

“Kita terima laporan ada salah satu rumah warga rusak parah di wilayah Ballang Baru, sementara di Jalan Prentis Kemerdekaan satu unit ambulans milik Dinas Kesehatan Provinsi Sulsel,” kata Iman Hud.

Dampak lain yang ditimbulkan beberapa ruas jalan terhambat lantaran banyaknya pohon tumbang. Melalui laporan warga yang diterima dan yang telah dievakuasi sebanyak 50 pohon di 40 titik.

Kedati pihaknya sigap menerima laporan warga, DLH kewalahan untuk melakukan penanganan. Ini karena keterbatasan alat serta petugas sehingga keluhan masyarakat tidak terlayani dengan baik.

“Kita terbatas pada alat dan jumlah petugas penebang pohon, jadi untuk kita kerjakan satu per satu, bahkan sampai sekarang kita masih bekerja,” lanjutnya.

Iman Hud menyebutkan, rata-rata pohon yang tumbang merupakan pohon besar dan berbobot sampai ratusan kilogram. Meski menimbulkan kerusakan, tak ada korban jiwa.

Selain melakukan penyelamatan DLH juga membuka layanan aduan bagi warga Makassar yang hendak melapor. Mengingat di Makassar banyak pohon yang berusia tua.

“Kita masih buka layanan aduan, jika melihat pohon tumbang atau mau melaporkan pohon berusia tua untuk kita tindaki,” ucapnya.

Diketahui hujan yang disertai angin kencang yang terjadi dalam beberapa hari terakhir di Kota Makassar mengakibatkan banyaknya pohon tumbang. (*)

Topik berita Terkait:
  1. DLH Makassar
  2. Pemkot Makassar
Berikan Komentar
Komentar Pembaca