Potensi Gelombang Tinggi, KSOP Utama Makassar Imbau Tidak Paksakan Pelayaran

Sabtu, 03 April 2021 10:25 WITAReporter : Makassarmetro
Potensi Gelombang Tinggi, KSOP Utama Makassar Imbau Tidak Paksakan Pelayaran

MAKASSARMETRO – Kantor Kesyahbandaran dan Otoritas Pelabuhan (KSOP) Utama Makassar melalui Kepala Bidang Keselamatan Berlayar Triono dalam Surat Edaran Nomor: UM.002/212/25/SYG.MKS.2021. meminta agar tidak memaksakan pelayaran laut saat ini.

Seluruh operator kapal, nakhoda, khususnya juragan kapal tradisional yang beroperasi di Pelabuhan Paotere dan Dermaga Kayu Bangkoa diimbau tidak memaksakan diri berlayar.

“Tidak memaksakan diri untum berlayar apabila terjadi cuaca ekstrem atau gelombang tinggi,” ungkapnya dalam keterangan, Jumat (2/3/2021).

Hal tersebut mengacu Badan Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Stasiun Meteorologi Maritim Paotere Makassar yang mengeluarkan peringatan dini gelombang tinggi.

Diperkirakan terjadi sejak 1 April 2021 pukul 20.00 Wita hingga 3 April 2021 pukul 20.00 Wita.

BKMG juga memaparkan prediksi tinggi gelombang. Di perairan Parepare, perairan Spermonde Pangkep, dan Teluk Bone berpeluang terjadi tinggi gelombang 1,25-2,5 meter (sedang).

Sementara tinggi gelombang 2,5-4,0 meter (tinggi) berpeluang terjadi di perairan Selat Makassar bagian Selatan, Perairan Spermonde Makassar, Perairan Kepulauan Selayar, Perairan Pulau Bonerate-Kalaotoa, dan perairan Sabalana.

Tinggi gelombang 4,0-6,0 meter (Tinggi) berpeluang terjadi di Laut Flores. (*)

Berikan Komentar
Komentar Pembaca