Peningkatan PAD, Bupati Gowa Dorong Pemulihan Ekonomi di Tengah Pandemi

Senin, 05 April 2021 16:40 WITAReporter : Makassarmetro
Peningkatan PAD, Bupati Gowa Dorong Pemulihan Ekonomi di Tengah PandemiBupati Gowa, Adnan Purichta Ichsan.

MAKASSARMETRO – Pemkab Gowa mendorong peningkatan Pendapatan Asli Daerah (PAD) untuk pemulihan ekonomi di tengah pandemi.

Bupati Gowa, Adnan Purichta Ichsan, mengatakan peningkatan PAD sangat dibutuhkan khusus di masa pandemi.

Terlebih saat ini dana transfer dari pusat maupun dana bagi hasil dari pemerintah provinsi juga mengalami penurunan.

“Jadi kita harus memikirkan upaya-upaya lainnya,” katanya saat menghadiri Rapat Koordinasi Pengawasan Intern Keuangan dan Pembangunan Provinsi Sulawesi Selatan Tahun 2021 di Ruang Rapat Pimpinan, Kantor Gubernur Sulsel, Makassar, Senin (5/4/2021).

Adnan pun berharap, hal yang perlu dilakukan saat ini adalah dengan mendorong kemandirian daerah melalui peningkatan PAD sehingga pemerintah daerah tidak lagi bergantung pada dana transfer dan dana bagi hasil.

Kepala Badan Pendapatan Daerah Kabupaten Gowa, Ismail Madjid, menyebutkan, upaya peningkatan PAD yang difokuskan adalah pada sektor pajak.

Saat ini pihaknya mencatat penerima pajak di Kabupaten Gowa di 2020 sudah mencapai 100 persen.

Ke depan pihaknya akan terus melakukan inovasi dalam upaya meningkatkan PAD yaitu dengan melakukan pemutakhiran data terkait dengan pajak yang dikelola Kabupaten Gowa. Kemudian indentifikasi potensi pajak dan melakukan pengawasan.

“Kita akan maksimalkam pemutakhiran data terkait dengan pajak yang kita kelola di Kabupaten Gowa, melakukan intensifikasi dan ekstensifikasi pajak, karena pada prinsipnya kita tidak lagi terlalu berharap dana kucuran dari pusat tetapi bagaimana meningkatkan dana fiskal kita di daerah lebih khusus di sektor pajak ini,” bebernya. (*)

Topik berita Terkait:
  1. Bapenda Gowa
  2. Pemkab Gowa
Berikan Komentar
Komentar Pembaca