DLH Makassar Tanam 600 Pohon Tabebuya di Jalan Perintis-Laimena

Sabtu, 10 April 2021 11:02 WITAReporter : Makassarmetro
DLH Makassar Tanam 600 Pohon Tabebuya di Jalan Perintis-Laimena

MAKASSARMETRO – Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kota Makassar menanam 600 pohon jenis tabebuya di sepanjang ruas Jalan Perintis Kemerdekaan hingga Jalan Dr Leimena sejak 2020.

Kepala Bidang Ruang Terbuka Hijau (RTH) DLH Makassar, Bahar Chambolong, memproyeksi pohon-pohon itu akan berbunga dalam tiga tahun ke depan. Harapannya, bisa menambah luasan capaian RTH di Kota Makassar dengan menhadirkan jalur hijau.

Penanaman pohon tabebuya dikerjasamakan dengan pihak swasta melalui dana CSR. Rinciannya, 200 tabebuya merah muda ditanam di median Jalan Perintis-Laimena. Lalu, 400 tabebuya kuning ditanam di Jalan Perintis mulai dari M’Tos hingga Unhas.

Pohon itu nantinya diharapkan menjadi daya tarik masyarakat. Bunganya bakal berwarna. Digadang-gadang mirip dengan bunga sakura asal Jepang.

“Jadi nanti sekitar tiga tahun ke depan itu baru berbunga. Kita tanam di tengahnya itu tembusan baru yang jalan tembusan Lameina ada 200, dan ada juga 400 kita tanam dari depan M’Tos sampai pintu satunya Unhas. Di sana sudah ada sedikit bunganya,” kata Bahar dikutip dari Sindonews, Sabtu (10/4/2021).

Pada tahap awal ini pihaknya masih menyimpan pohon tabebuya untuk dijadikan cadangan. Persiapan andai saja sepanjang dua ruas jalan tersebut ada yang mati. “Jadi dia nanti bagus karena satu ragam nanti dia di sana itu,” tutur Bahar.

Jika penanaman ratusan pohon tabebuya berhasil, maka tidak menutup kemungkinan akan ada penambahan penanaman lain di sejumlah wilayah di Makassar. “Nah, ini kita lihat dulu mungkin bisa ditambah lagi,” ucapnya. (*)

Topik berita Terkait:
  1. DLH Makassar
  2. Pemkot Makassar
Berikan Komentar
Komentar Pembaca