Awal Ramadan, Belum Ada Lonjakan Penumpang di Pelabuhan Makassar

Selasa, 20 April 2021 15:03 WITAReporter : Makassarmetro
Awal Ramadan, Belum Ada Lonjakan Penumpang di Pelabuhan MakassarIlustrasi.

MAKASSARMETRO – Kantor Kesyahbandaran Utama Makassar terus memantau situasi penumpang di Pelabuhan Soekarno-Hatta Makassar, Sulawesi Selatan.

“Minggu pertama bulan Ramadan kondisinya masih normal seperti biasa,” kata Humas Kesyahbandaran Utama Makassar, Musafir, dikutip dari IDN Times, Selasa (20/4/2021).

Seperti tahun-tahun sebelumnya, lonjakan penumpang yang hendak mudik biasanya terjadi dua hingga sepekan jelang Lebaran Idulfitri. “Di minggu-minggu itu biasanya mulai ada tanda-tandanya,” ucapnya.

Pihak pelabuhan menyiapkan langkah antisipasi apabila terjadi lonjakan penumpang. Salah satunya yaitu dengan menyiapkan aturan agar para penumpang tidak berkerumun saat hendak mudik dengan kapal laut.

“Tapi, kita terus memantau agar bisa diatur apalagi ini masih kondisi pandemi Covid-19,” beber Musafir.

Syahbandar juga berkoordinasi dengan sejumlah petugas gabungan, mulai dari otoritas pelabuhan hingga TNI-Polri. Mereka akan membahas bagaimana langkah untuk mengantisiapsi lonjakan penumpang.

Apalagi, Kementerian Perhubungan telah menerbitkan kebijakan soal mudik dalam masa pandemi Covid-19. “Jadi tentunya kita juga merujuk dalam kebijakan peraturan itu,” imbuhnya.

Kebijakan tertuang dalam Peraturan Menteri Perhubungan Nomor 13 Tahun 2021 tentang Pengendalian Transportasi Selama Masa Idul Fitri 1442 H/Tahun 2021 Dalam Rangka Pencegahan Penyebaran Covid-19. (*)

Topik berita Terkait:
  1. Pelabuhan Soekarno Hatta
Berikan Komentar
Komentar Pembaca