Salat Idulfitri di Makassar Digelar per RW

Rabu, 05 Mei 2021 13:17 WITAReporter : Makassarmetro
Salat Idulfitri di Makassar Digelar per RWWali Kota Makassar, Moh. Ramdhan Pomanto.

MAKASSARMETRO – Wali Kota Makassar, Moh Ramdhan “Danny” Pomanto, menyampaikan bahwa sistem pelaksanaan salat Idulfitri 1442 H tengah disusun.

Rencananya, Pemkot Makassar akan memberlakukan pelaksanaan salat id per RW dengan mengambil lokasi di jalan. Hal tersebut apabila jika RW setempat tidak memiliki lapangan yang luas.

“Salat id harus di luar masjid. Kemudian disebar. Salat id per RW dan tempatnya di jalan. Tapi, ini baru konsep yang akan dibicarakan hari ini,” ungkap Danny Pomanto, Selasa (4/5/2021).

Semua aktivitas saat ini, kata Danny, termasuk pelaksanaan ibadah harus diatur dan mengacu pada protokol kesehatan.

Dengan berbagai pertimbangan, Lapangan Karebosi kemungkinan besar tidak akan digunakan untuk pelaksanaan salat id.

Alasannya, lapangan tersebut luas. Orang-orang bisa saja diatur untuk salat dengan menjaga jarak. Namun, dikhawatirkan arus masyarakat saat akan masuk dan keluar lapangan yang akan menimbulkan kerumunan.

“Orang yang masuk dan keluar lapangan dipastikan akan bergerombol. Kerumunan di pintu-pintu yang disiapkan tidak bisa dihindarkan,” jelas Danny.

Danny mengatakan, Presiden Jokowi sudah meminta agar pemerintah mengantisipasi adanya kerumunan. Secara ketat penerapan protokol kesehatan diwajibkan mengendalikan laju penyebaran Covid-19.

“Maka diputuskan untuk tidak menggelar pelaksanaan salat Idulfitri di masjid,” jelasnya. (*)

Topik berita Terkait:
  1. Pemkot Makassar
Berikan Komentar
Komentar Pembaca