Jokowi Ingatkan Hati-hati Gelombang Kedua Covid-19, Danny Pomanto Siapkan Langkah Antisipasi

Selasa, 18 Mei 2021 16:26 WITA Reporter : Makassarmetro
Jokowi Ingatkan Hati-hati Gelombang Kedua Covid-19, Danny Pomanto Siapkan Langkah Antisipasi

MAKASSARMETRO – Presiden Republik Indonesia (RI), Joko Widodo, memberikan arahan secara virtual kepada seluruh kepala daerah di Indonesia untuk tetap berhati-hati terhadap lonjakan penularan Covid-19 pasca Lebaran Idulfitri.

Kepala daerah diharap segera melakukan antisipasi lonjakan tersebut. Ada 10 daerah yang masih mengalami lonjakan seperti Jawa timur, Banten, Papua, Papua Barat, Kalimantan Timur, Sulawesi tengah, Banten, dan NTT.

Sementara, Sulsel mengalami penurunan meskipun tetap diimbau untuk berhati-hati.

“Ada tiga yang mengalami penurunan terindikasi Covid-19, yaitu Gorontalo, Maluku, dan Sulbar. Sulsel juga mengalami penurunan, namun tetap berhati-hati,” sebut Jokowi, Senin (17/5/2021).

Menanggapi hal tersebut, Wali Kota Makassar, Moh. Ramdhan “Danny” Pomanto, mengungkapkan akan terus melakukan pengawalan untuk tetap mencegah penyebaran Covid-19 di Kota Makassar.

“Tidak, karena terlalu banyak, kita sudah -0,21 setelah Lebaran kita bisa positiflah. Kan baru 10 provinsi yang positif, kalau Makassar sebenarnya sudah positif kalau menurut BPS Kota Makassar. Tapi, ini kan Sulsel, ukurannya provinsi, kita sudah dekat-dekat positiflah secara umum,” ucapnya.

“Betul, kita jaga betul dan kawal ini, kemarin saya waktu Minggu pagi saya turun, Lego-Lego ditutup, Pantai Losari ditutup, tapi tetap ada yang terobos masuk saya lihat ada beberapa kaki lima yang buka,” sebutnya.

Sementara, tempat wisata di Tanjung Merdeka, Danny tetap mengontrol lonjakan pengunjung.

“Kemudian memang di Tanjung Merdeka saya minta dijaga dan alhamdulillah tetap dalam kontrol. Tidak ada ledakan seperti biasanya karena masyarakat pengelola Tanjung Merdeka yang mengatur itu sehingga mereka sendiri menjaga itu. Saya sudah instruksikan itu,” jelasnya.

Namun, Danny tetap melakukan langkah antisipasi jika terjadi lonjakan Covid-19 pasca Lebaran.

“Saya kira rumah sakit harus stand by, obat obatan, sistem juga harus stand by, makanya saya mau mempercepat GeNose tiba, kita juga menunggu 400 ribu antigen yang kita adakan di Makassar Recover. Tapi, kita berharap tetap stabil sekarang Rt-nya di angka 0,7,” pungkasnya. (*)

Topik berita Terkait:
  1. Pemkot Makassar
Berikan Komentar
Komentar Pembaca