150 Siswa Dikmata Satdik-2 Makassar Laksanakan Samapta Awal Pendidikan

Rabu, 19 Mei 2021 08:57 WITA Reporter : Makassarmetro
150 Siswa Dikmata Satdik-2 Makassar Laksanakan Samapta Awal Pendidikan

MAKASSARMETRO – Sebanyak 150 Siswa Pendidikan Pertama Tamtama (Dikmata) TNI AL yang sedang menempuh pendidikan di Satuan Pendidikan-2 (Satdik-2) Makassar, melaksanakan tes kesamaptaan awal yang digelar di Mako Lantamal VI, Selasa (18/5/2021).

Adapun tujuan tes kesamaptaan awal ini adalah untuk mengetahui sejauh mana kondisi dan kebugaran fisik yang dimiliki para siswa untuk mengikuti kgiatan dasar2 keprajuritan pada awal pendidikan di Satdik-2 Makassar.

Dalam tes samapta ini selain dilaksanakan di awal pendidikan juga pada akhir sebelum penutupan pendididkan. Dengan harapan nilai kesamaptaan tersebut akan mengalami peningkatan dibandingkan pada saat mengawali pendidikan.

Komandan Satuan Pendidikan-2 (Dansatdik-2) Makassar, Kolonel Marinir Hendro Suwito, menyampaikan bahwa tes kesamaptaan yang dilaksanakan ini merupakan program awal yang nantinya berkesinambungan bagi siswa Dikmata Satdik-2 Makassar sebagai sarana untuk mengukur dan memantau kondisi fisik, kebugaran, dan kesehatan para siswa.

“Selain itu, tes samapta merupakan salah satu bidang penilaian dalam pendidikan Sekolah Satdik-2 Makassar. Hal ini dikarenakan seorang siswa dituntut memiliki kebugaran dan kemampuan fisik yang prima dalam mendukung kegiatan belajar mngajar, latihan maupun praktik selama di sekolah,” ujar Dansatdik-2 Makassar.

Kegiatan samapta awal digelar dengan menerapkan protokol kesehatan yang ketat. Seluruh siswa Dikmata Satdik-2 Makassar melaksanakan tes samapta batere A berupa lari dengan jarak tempuh 12 menit yang bertempat di Dermaga Layang Mako Lantamal VI dan samapta batere B yang terdiri terdiri atas push up, pull up, sit up dan shuttle run bertempat di Lapangan Arafuru Mako Lantamal VI serta samapta C yaitu renang bertempat di kolam renang Tirto Segoro Lantamal VI.

Dalam pelaksanaan Samapta awal untuk siswa Dikmata, Tim Jasrek Satdik-2 Makassar yang dipimpin oleh Lettu Laut (KH) Joko Supriyanto yang dibantu oleh tim jasrek Lantamal VI Makassar melaksanakan penilaian dan pengawasan kepada para siswa Dikmata Satdik-2 Makassar

Turut hadir dalam kegiatan tersebut , Wadan Satdik-2 Makassar Kolonel Laut (P) Teguh Iman Wibowo, Danseta Satdik 2 Mayor Laut (P) Waluyo serta para bingsis Dikmata Satdik-2 Makassar. (*)

Topik berita Terkait:
  1. Lantamal VI
Berikan Komentar
Komentar Pembaca