Sosialisasi Perda Nomor 3 Tahun 2016, Andi Suhada Sappaile: ASI Eksklusif Pemenuhan Hak kepada Anak

Rabu, 26 Mei 2021 15:24 WITA Reporter : Makassarmetro
Sosialisasi Perda Nomor 3 Tahun 2016, Andi Suhada Sappaile: ASI Eksklusif Pemenuhan Hak kepada Anak Wakil Ketua DPRD Kota Makassar, Andi Suhada Sappaile.

MAKASSARMETRO – Wakil Ketua DPRD Kota Makassar, Andi Suhada Sappaile, kembali melaksanakan sosialisasi penyebarluasan informasi dan produk hukum kepada masyarakat.

Sosialisasi kali ini terkait Peraturan Daerah (Perda) Nomor 3 Tahun 2016 tentang Pemberian Air Susu Ibu (ASI) Ekslusif yang berlangsung di Hotel Almadera, Makassar, Rabu (26/5/2021).

Andi Suhada berujar, sosialisasi dan edukasi terkait Perda ASI Eksklusif sangat perlu dioptimalkan. Hal ini, kata dia, agar dapat implementasinya bisa maksimal.

“Pemerintah telah menyiapkan ruang menyusui di tempat-tempat umum seperti pusat perbelajaan dan perkantoran bagi ibu yang sedang menyusui,” kata Noni, sapaan akrab, Andi Suhada.

Legislator PDIP ini juga mengungkapkan bahwa pemberian ASI adalah hak anak. Dia pun menekankan agar ibu-ibu memperhatikan dengan baik pemberian ASI terhadap anak.

“Tak hanya diatur dalam Perda, juga merupakan pemenuhan hak terhadap anak. Bila pemenuhan hak terpenuhi, maka pertumbuhan anak menjadi baik. Apalagi anak merupakan generasi bangsa,” bebernya.

Sosialisasi kali ini menghadirkan dua narasumber yang ahli di bidangnya, yakni drg. Itha Anwar dan dr. Bambang. Dalam pemaparannya drg. Itha membeberkan bahwa ASI adalah makanan terbaik untuk bayi. Sangat penting terhadap tumbuh kembang anak, terlebih pada 1.000 hari kelahiran atau dua tahun.

Di luar bahasan soal ASI, pada kesempatan ini juga disampaikan bahwa jika ada masyarakat tidak mampu hendak melahirkan, bisa ke puskesmas terdekat dari rumahnya. Pemerintah kota akan membantu. (*)

Berikan Komentar
Komentar Pembaca