Tekan Angka Stunting hingga 6,2 Persen, Bupati Gowa: Masyarakat Harus Sehat, Cerdas, dan Kreatif

Sabtu, 29 Mei 2021 08:08 WITA Reporter : Makassarmetro
Tekan Angka Stunting hingga 6,2 Persen, Bupati Gowa: Masyarakat Harus Sehat, Cerdas, dan Kreatif

MAKASSARMETRO – Pemerintah Kabupaten Gowa berhasil menekan angka stunting pada 2020 lalu hingga 6,26 persen.

Bupati Gowa, Adnan Purichta Ichsan, mengatakan bahwa angka ini membawa daerah bagi Gowa. Sebab, Gowa berhasil meraih peringkat pertama di Sulawesi Selatan sebagai daerah yang melakukan percepatan penurunan angka stunting.

Adnan pun menekankan agar seluruh pihak terus berkomitmen menurunkan angka stunting di Gowa. Salah satunya dengan melakukan Rembuk Stunting Tingkat Kabupaten Gowa yang menghadirkan seluruh stakeholder.

Dia berharap rembuk ini menghasilkan program yang konkret dalam menurunkan angka stunting di Gowa. Terlebih stunting merupakan salah satu permasalahan yang dihadapi hampir seluruh kabupaten/kota di Indonesia.

“Kita mau dengan dilakukannya rembuk ini ada persamaan persepsi, khususnya membuat program nyata agar bisa melihat stunting di Gowa menurun bahkan menghilang,” kata Adnan, Jumat (28/5/2021).

Adnan mengatakan, tentu masyarakat tidak ingin anak-anak tumbuh dengan kekurangan gizi yang berakibat dengan tumbuh kembang anak.

“Masyarakat Gowa harus sehat, cerdas, dan kreatif yang dimulai dari 1.000 Hari Pertama Kehidupan (HPK) anak sehingga bisa bersama-sama bersatu membangun Gowa lebih maju dan sejahtera di masa yang akan datang,” tuturnya.

Adnan menegaskan permasalahan stunting bisa diselesaikan dengan kolaborasi dan kerjasama dari seluruh pihak. Apalagi Presiden RI, Joko Widodo menargetkan angka prevalensi stunting berada di angka 14 persen pada tahun 2024, dimana angka prevalensi stunting nasional pada tahun 2019 lalu sebesar 27, 6 persen.

“Perhatian yang serius dari seluruh pihak sangat dibutuhkan seperti upaya konvergensi dan sinergitas melalui program dan kegiatan yang efektif dan efisien di masing-masing instansi menjadi salah satu faktor kunci agar pertumbuhan fisik maupun perkembangan kemampuan kognitif dan intelektual anak bertumbuh dengan baik,” harapnya. (*)

Topik berita Terkait:
  1. Pemkab Gowa
Berikan Komentar
Komentar Pembaca