Hotel Wisata Covid-19 Rencana Bakal Diaktifkan Kembali

Rabu, 02 Juni 2021 09:08 WITA Reporter : Makassarmetro
Hotel Wisata Covid-19 Rencana Bakal Diaktifkan Kembali

MAKASSARMETRO – Pemerintah Kota Makassar ingin Hotel wisata Covid-19 diaktifkan kembali.

Wali Kota Makassar, Moh. Ramdhan “Danny” Pomanto, mengaku sudah memikirkan pengaktifan Hotel Wisata Covid-19.

“Saya akan coba komunikasikan dengan Pemprov Sulsel untuk hotel wisata itu. Karena hotel itu adalah kewenangan pemprov,” ucap Danny, kemarin.

Dia menilai program itu memang cukup efektif dalam melakukan pencegahan penularan. Itu karena mereka yang terpapar mendapat perlakuan yang baik dan tidak berbaur dengan orang lain yang kondisinya sehat.

“Mudah-mudahan bisa segera terealisasi. Kita ingin Makassar tidak seperti di India. Penularan Covid-19 di sana cukup pesat sehingga membuat pemerintah di sana kewalahan,” katanya.

Pakar Epidemologi Universitas Hasanuddin (Unhas), Ansariadi, mengatakan penularan Covid-19 di Makassar masih fluktuatif. Meskipun angka penularan terbilang kecil dibanding tahun lalu.

Namun, antisipasi peningkatan penularan tetap harus diantisipasi. Langkah pencegahan penularan yang sebelumnya dipakai bisa dikaji ulang untuk diterapkan.

“Upaya pencegahan seperti hotel isolasi sebaiknya diaktifkan kembali. Karena itu bisa melakukan monitoring kepada masyarakat yang terpapar Covid-19,” kata Ansariadi.

Pencegahan, lanjut dia, juga mesti dibarengi dengan tracing atau pelacakan dan testing yang masif.

Itu karena satu-satunya cara untuk mengetahui angka penularan yang terjadi di masyarakat adalah melalui testing dan tracing.

“Kita sebelum Lebaran penularannya rendah, tetapi setelah Lebaran dampaknya sudah mulai terasa. Sudah naik kasus mingguan menjadi 100 kasus ke atas,” ungkapnya. (*)

Topik berita Terkait:
  1. Pemkot Makassar
Berikan Komentar
Komentar Pembaca