Kepastian Haji 2021, Kemenag Sulsel Masih Tunggu Kebijakan Arab Saudi

Rabu, 02 Juni 2021 11:55 WITA Reporter : Makassarmetro
Kepastian Haji 2021, Kemenag Sulsel Masih Tunggu Kebijakan Arab Saudi Ilustrasi

MAKASSARMETRO – Kantor Wilayah Kementerian Agama (Kemenag) Sulawesi Selatan (Sulsel) meminta semua calon jemaah haji bersabar menunggu informasi resmi terkait jadwal pemberangkatan.

Itu karena pemerintah Arab Saudi belum memberikan kepastian soal jumlah kuota jemaah yang berasal dari Indonesia. Batas waktu kejelasan informasi pada 25 Mei 2021 bahkan telah lewat.

“Masih tetap menunggu. Setidaknya kalau belum dapat kuota jemaah haji di Indonesia tidak bisa berangkat,” kata Kepala Bidang Penyelenggara Haji dan Umrah Kanwil Kemenag Sulsel, Ali Yafid, Selasa (1/6/2021).

Saat ini jumlah daftar tunggu CJH untuk Sulsel sebanyak 236 ribu orang yang berasal dari 24 kabupaten/kota, sedangkan untuk kuota keberangkatan CJH per tahunnya hanya tujuh ribuan orang.

“Kuota kita setiap tahun itu kan sekitar 7.272 orang jemaah. Jadi memang, kalau dikira-kira daftar tunggunya masih ada sekitar 35 tahun. Itu kalau dirata-ratakan (jumlahnya),” beber Yafid.

Kemenag Sulsel tak bisa berbuat banyak selain menunggu petunjuk dari Kemenag dan pemerintah kerajaan Arab Saudi. “Sebab kalau Arab Saudi kasih kita kuota kita tetap siap memberangkatkan, tapi kalau tidak ya apa boleh buat. Itu kewenangan Arab Saudi kan,” tuturnya. (*)

Topik berita Terkait:
  1. Haji 2021
  2. Kemenag Sulsel
Berikan Komentar
Komentar Pembaca