PPDB SD-SMP Makassar Dibuka 21 Juni, Pendaftar Wajib Pilih 3 Sekolah

Rabu, 09 Juni 2021 08:51 WITA Reporter : Makassarmetro
PPDB SD-SMP Makassar Dibuka 21 Juni, Pendaftar Wajib Pilih 3 Sekolah Plt Kepala Dinas Pendidikan Makassar, Nielma Palamba.

MAKASSARMETRO – Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) Sekolah Dasar (SD) dan Sekolah Menengah Pertama (SMP) di Kota Makassar, Sulawesi Selatan, akan dibuka 21 Juni mendatang.

Plt Kepala Dinas Pendidikan (Disdik) Makassar, Nielma Palamba, menyebut proses pendaftaran akan dilakukan secara daring atau onlini dan dibuka melalui berbagai jalur.

Berbeda dengan sebelumnya, jalur zonasi akan menjadi tahap awal. Kuotanya sebanyak 75 persen dari daya tampung sekolah.

“Kuotanya untuk SD 75 persen, afirmasi 20 persen, Yang masuk afirmasi kuotanya 20 persen karena penyandang disabilitas juga masuk di sini,” kata Nielma, Selasa (8/6/2021).

Jalur lainnya seperti afirmasi, kuotanya 20 persen dan sisanya jalur perpindahan tugas sebanyak 5 persen.

Khusus untuk tingkat SMP, jalur zonasi sebesar 70 persen. Disusul 20 persen jalur perpindahan tugas dan 5 persen jalur prestasi.

Nielma menjelaskan, para calon peserta didik nantinya akan memilih tiga sekolah, sebab jika tidak memenuhi syarat pada pilihan pertama maka akan digeser ke pilihan kedua dan ketiga.

“Wajib pilih tiga sekolah. Kenapa? Supaya nanti ada tiga pergeseran. Kalau ada sekolah pilihan satu terisi dia akan digeser ke pilihan kedua dan seterusnya,” terangnya. (*)

Topik berita Terkait:
  1. Disdik Makassar
  2. Pemkot Makassar
Berikan Komentar
Komentar Pembaca