BPKAD Makassar Segera Rampungkan Ribuan Aset Kendaraan Tak Kantongi BPKB

Kamis, 10 Juni 2021 13:33 WITA Reporter : Makassarmetro
BPKAD Makassar Segera Rampungkan Ribuan Aset Kendaraan Tak Kantongi BPKB

MAKASSARMETRO – Plt Kepala Badan Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah (BPKAD) Kota Makassar, Helmy Budiman, mengatakan akan meminta kerja sama dari Pihak Samsat untuk secepatnya menyelesaikan persoalan aset kendaraan Pemerintah Kota (Pemkot) Makassar.

Aset kendaraan Pemkot Makassar diketahui tidak memiliki Buku Pemilik Kendaraan Bermotor (BPKB) sebagai bukti sah kepemilikan kendaraan. “Yang jelas kalau masalah BPK pasti akan kita tindak lanjuti segera. Masalah BPKB ini Kita nanti minta Samsat untuk segera terbitkan,” kata Helmy, kemarin.

Pihaknya juga berencana merampungkan pengembalian sejumlah kendaraan dinas yang dikuasai oleh oknum pegawai pemkot. Termasuk di antaranya 338 kendaraan dinas (randis) yang dikuasai eks pejabat. Hanya, pihaknya belum mengetahui pasti jumlahnya.

“Kita sudah rapat dengan inspektorat. Terus beberapa aset-aset kendaraan (Randis) itu kita sudah tindak lanjuti kemarin, sudah ada beberapa yang kita tarik. Kita sudah surati,” bebernya.

Sebagai informasi, sebanyak 2.792 aset kendaraan milik Pemerintah Kota (Pemkot) Makassar tidak memiliki BPKB sebagai bukti sah kepemilikan kendaraan.

Kondisi ini membuat aset kendaraan pemkot rawan hilang. Hal ini menjadi temuan BPK dan salah satu dari 16 catatan yang perlu diatensi oleh pemerintah kota sebagai syarat memperoleh Wajar Tanpa Pengecualian (WTP).

Total ada sebanyak 4.534 aset kendaraan yang dimiliki Pemkot Makassar. Terbagi atas kendaraan roda dua sebanyak 2.835, dimana 1.039 di antaranya tak memiliki BPKB.

Sementara kendaraan non roda dua, yang tergabung dalam jenis mobil, bus, truck dan termasuk diantaranya kendaraan roda tiga sebanyak 1.699 dan 703 di antaranya tak kantongi BPKB. (*)

Topik berita Terkait:
  1. BPKAD Makassar
  2. Pemkot Makassar
Berikan Komentar
Komentar Pembaca