Pemkot Makassar Rencana Kembangkan 12 Pulau Wisata, Bakal Masuk RPJMD

Sabtu, 19 Juni 2021 15:10 WITA Reporter : Makassarmetro
Pemkot Makassar Rencana Kembangkan 12 Pulau Wisata, Bakal Masuk RPJMD Kepala Bidang Promosi Wisata Dinas Pariwisata Makassar, Muhammad Roem.

MAKASSARMETRO – Pemkot Makassar akan mendorong Rencana Pengembangan Induk Pariwisata Daerah (Rippda) yang bakal menghubungkan 12 pulau menjadi kawasan pariwisata pada 2022 nanti.

Kepala Bidang Promosi Wisata Dinas Pariwisata Makassar, Muhammad Roem, mengatakan saat ini Pemkot tengah menyusun RPJMD dan dirinya mendapat arahan terkait pengembangan pulau-pulau Makassar.

“Memang sudah ada arahan dari Bappeda untuk pengembangan kepulauan, karena kan ini juga sejalan dengan peninjauan kita di pelabuhan rakyat, itu semua, jadi mulai dari hulu sampai ke hilir, mulai dari awal sampai kita menyeberang,” kata Roem dikutip dari Sindonews, Sabtu (19/6/2021).

Roem mengatakan, tiap pulau nanti mengusung konsepnya sesuai dengan karakter dari pulau masing-masing.

“12 ini kan tidak disatukan langsung (konsepnya), Pak Wali sudah buat statement bahwa diantara itu ada nanti Apparong (Apartemen Lorong), di dalamnya nanti ada home stay juga, jadi beda-beda tiap pulau konsepnya,” bebernya.

Hal ini juga sejalan dengan rencana pengembangan wisata wilayah timur Indonesia. Dia pun yakin dengan rencana ini, terlebih Menteri Pariwisata, Sandiaga Uno, menyempatkan memantau kondisi di Makassar dan cukup mengharapkan pengembangan wisata di Sulsel, utamanya Makassar.

“Jadi program pusat dan daerah kan harus sejalan. Jadi pengembangan pulau itu akan ada juga di tahun 2022 bahkan ada sampai 2025,” tuturnya. (*)

Berikan Komentar
Komentar Pembaca