DPRD Makassar Akan Evaluasi Perusda yang Tak Capai Target Setoran Dividen

Selasa, 22 Juni 2021 21:52 WITA Reporter : Makassarmetro
DPRD Makassar Akan Evaluasi Perusda yang Tak Capai Target Setoran Dividen Kantor DPRD Makassar.

MAKASSARMETRO – Badan Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah (BPKAD) Kota Makassar mencatat, dari lima perusda baru dua yang menyetor dividen. Nilainya juga jauh dari target.

Keduanya, yakni PD Parkir Makassar Raya dan PD Pasar Makassar Raya. Setoran dividen PD Parkir hanya Rp100 juta, padahal target tahun ini Rp15 miliar. Sementara, PD Pasar hanya mampu menyetor Rp176 juta dari target Rp10 miliar.

Tiga perusda lain, Perusahaan Perseroaan Daerah Bank Perkreditan Rakyat (BPR) Makassar, Perusahaan Umum Daerah Air Minum (PDAM) Kota Makassar, dan PD Terminal Makassar Metro belum menyetor dividen.

Anggota Komisi B DPRD Makassar, Hasanuddin Leo, tidak menampik setoran dividen perusda masih minim. Padahal, target yang diberikan cukup besar.

Legislator PAN tersebut menilai, minimnya setoran dividen karena pengelolaan perusahaan yang belum maksimal dan jauh dari efisiensi biaya operasional.

“Hal ini tentu berakibat pada sisa hasil usaha (SHU) yang dihasilkan, yang secara langsung berakibat pada minimnya dividen yang bisa disetorkan,” kata Leo dikutip dari Sindonews, Selasa (22/6/2021).

Dia meminta semua perusda untuk mengoptimalkan potensi pendapatan dibarengi dengan efisiensi biaya operasional perusahaan. Sebab, dividen diharap mampu bisa menopang PAD Makassar.

Dia juga menegaskan tidak ada alasan bagi perusda untuk menunda penyetoran dividen.

Karenanya itu, dia meminta Wali Kota Makassar, Moh. Ramdhan “Danny” Pomanto memberikan teguran keras kepada perusda yang kerap membandel.

“Per 1 April setelah laporan keuangan diaudit, maka semua perusda wajib menyetorkan dividen sekaligus tanpa dicicil. Kalau ada yang belum menyetor wajib diberikan teguran keras,” tegasnya. (*)

Topik berita Terkait:
  1. DPRD Kota Makassar
  2. DPRD Makassar
Berikan Komentar
Komentar Pembaca