Zona Oranye, Danny Pomanto Upayakan Makassar Tetap Laksanakan Salat Iduladha

Kamis, 01 Juli 2021 08:32 WITA Reporter : Makassarmetro
Zona Oranye, Danny Pomanto Upayakan Makassar Tetap Laksanakan Salat Iduladha

MAKASSARMETRO, MAKASSAR – Wali Kota Makassar, Moh. Ramdhan “Danny” Pomanto, mengupayakan pelaksanaan salat Iduladha meski Makassar berstatus zona oranye penyebaran Covid-19.

Danny ingin masyarakat bisa menggelar salat id seperti pada Idulfitri lalu. Namun, masyarakat hanya dibolehkan menggelar salat secara berjemaah di ruang terbuka, seperti lapangan atau jalan raya.

Menurut Danny, lokasi-lokasi itu tidak melanggar aturan dalam surat edaran Kementerian Agama. Salah satu aturannya adalah salat Iduladha di zona merah dan oranye ditiadakan.

“Ada konsekuensi status oranye itu misalnya dilarang Iduladha. Saya pikir dilarang di masjid dan kita bikin Iduladha di jalanan seperti Idulfitri kemarin. Saya kira tidak masuk dalam aturan itu,” kata Danny, kemarin.

Danny menjelaskan, pengalaman pelaksanaan salat Idulfitri lalu juga digelar di tengah kondisi zona oranye Covid-19. Dia mengklaim, masyarakat tetap mampu menjalankan protokol kesehatan sehingga tidak memicu klaster penularan baru.

Ingin supaya salat Iduladha secara berjemaah bisa digelar, Danny berencana menyurati Kementerian Agama. Dia hendak meminta izin supaya salat Idul Adha bisa digelar sebagaimana mestinya.

“Insyaallah saya akan minta izin untuk Idul Adha, kita buat,” katanya. (*)

Topik berita Terkait:
  1. Pemkot Makassar
Berikan Komentar
Komentar Pembaca