Takbir Keliling Iduladha Dilarang, Kapolrestabes Makassar: Kalau Ada Kita Bubarkan

Senin, 19 Juli 2021 17:11 WITA Reporter : Makassarmetro
Takbir Keliling Iduladha Dilarang, Kapolrestabes Makassar: Kalau Ada Kita Bubarkan Kapolrestabes Makassar, Kombes Pol Witnu Urip Laksana.

MAKASSARMETRO, MAKASSAR – Polrestabes Makassar menyampaikan bahwa pelaksanaan takbir keliling dan kegiatan serupa yang menimbulkan kerumunan jelang Lebaran Iduadha 1442 Hijriah akan dibubarkan.

Kapolrestabes Makassar, Kombes Pol Witnu Urip Laksana, menegaskan takbir keliling adalah kegiatan yang bersifat menimbulkan mobilisasi dan kerumunan massa. Apalgi sudah ada aturan dari Kementerian Agama yang melarang.

“Kita bubarkan, kan sudah ada surat edaran dari Menag tidak boleh takbir keliling di zona oranye. Di Makassar kan masuk zona itu. Kalau kita dapati akan dibubarkan dan disuruh pulang,” kata Witnu, Minggu (18/7/2021).

Dia menjelaskan, pihaknya berkoordinasi dengan TNI, beserta jajaran Forkopimda Kota Makassar untuk mencegah aksi-aksi yang mungkin menimbulkan kerumunan, termasuk saat momentun Lebaran Iduladha.

“Dilakukan di rumah masing-masing bersama keluarga inti. Penyembelihan dilakukan panitia kurban dan diantar langsung oleh ke rumah penerima. Sementara silaturahmi dilakukan secara virtual,” ucap Witnu.

Dia menambahkan, rangkaian perayaan Iduladha tersebut bakal dimonitor oleh tim gabungan TNI-Polri dan unsur pemerintah, yakni Dishub, Satpol-PP, Damkar, dan BPBD. (*)

Topik berita Terkait:
  1. polrestabes makassar
  2. Takbir Keliling
Berikan Komentar
Komentar Pembaca