TNI AL di Makassar Gelar Donor Plasma Konvalesen Bantu Pasien Covid-19

Jumat, 13 Agustus 2021 10:02 WITA Reporter : Makassarmetro
TNI AL di Makassar Gelar Donor Plasma Konvalesen Bantu Pasien Covid-19

MAKASSARMETRO, MAKASSAR – TNI AL di Makassar (Lantamal VI Makassar) menggelar donor plasma konvalesen dan donor darah biasa untuk membantu dan menolong pasien Covid-19 bertempat di Gedung Sultan Hasanuddin Mako Lantamal VI, Kamis (12/8/2021).

Kegiatan donor TNI AL dengan tema Memberikan Darah, Menyelamatkan Kehidupan, tersebut merupakan bentuk implementasi perintah dan petunjuk dari Kepala Staf TNI Angkatan Laut (Kasal) Laksamana TNI Yudo Margono tentang gerakan serentak donor plasma konvalesen bagi penyintas Covid-19 dan donor darah reguler dalam rangka membantu persediaan stok darah dan plasma konvalesen di Palang Merah Indonesia (PMI).

Donor plasma konvalesen dan donor darah biasa di Lantamal VI Makassar tersebut juga dirangkaian dengan video converance (vicon) dengan seluruh Kotama/Satuan Jajaran TNI AL oleh KASAL dan Yusuf Kalla sebagai Ketua Umum PMI di Markas Kolinlamil Jakarta.

Saat meninjau pelaksanaan donor, Danlantamal VI Makassar Laksamana Pertama TNI Dr. Beny Sukandari, CHRMP menjelaskan bahwa pelaksanaan kegiatan donor plasma konvalesen di Mako Lantamal VI sudah dilaksanakan sejak 31 Juli 2021 diawali dengan screening siswa Satdik-2 Makassar sejumlah 95 orang dan memenuhi syarat sebagai pendonor 11 orang.

Selanjutnya pelaksanaan donor plasma dilaksanakan di Kantor UDD PMI Jalan Kandea, Makassar, pada 1 Agustus 2021 kemarin dan berhasil terdonor 8 orang.

Sedangkan pada saat ini dilaksanakan screening donor plasma konvalesen dengan target 72 orang terdiri atas prajurit militer 51 orang, PNS Lantamal VI 20 orang, dan keluarga besar Lantamal VI 1 orang.

“Bagi calon peserta donor yang memenuhi syarat akan dimobilisasi ke UDD PMI Makassar pada 13 Agustus 2021 untuk pelaksanaan Donor Plasma Konvalesen,” ujar Danlantamal VI.

Selain itu, juga diadakan juga donor darah reguler (darah biasa) dengan target 205 orang terdiri atas prajurit militer 50 orang, PNS Lantamal VI 50 orang, keluarga besar Lantamal VI 20 orang, dan masyarakat unsur maritim sebanyak 85 orang. (*)

Topik berita Terkait:
  1. Lantamal VI
Berikan Komentar
Komentar Pembaca