Terima PSU Perumahan dari Pengembang, Sekda Makassar: Semoga Jadi Contoh untuk yang Lain

Kamis, 23 September 2021 09:34 WITA Reporter : Makassarmetro
Terima PSU Perumahan dari Pengembang, Sekda Makassar: Semoga Jadi Contoh untuk yang Lain

MAKASSARMETRO, MAKASSAR – Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Makassar, Muhammad Ansar, mewakili Wali Kota Makassar menerima penyerahan prasarana, sarana, dan utilitas (PSU) perumahan dari pengembang PT Daya Prima Nusawisesa, CV Griya Kenari, dan PT Patiarase Propertindo, di Kompleks Perumahan Granda Aroepala, Jalan Manggala, Kota Makassar, Rabu (22/9/2021).

Dalam kesempatan tersebut, Sekda menyampaikan tujuan penyerahan PSU untuk menciptakan dan meningkatkan kualitas kehidupan masyarakat. Sesuai dengan Perda Kota Makassar Nomor 9 Tahun 2011 tentang penyediaan dan penyerahan PSU pada kawasan industri, perdagangan, perumahan, dan permukiman.

“Ketika pengembang belum menyerahkan PSU perumahannya ke pemerintah, yang dirugikan tidak hanya masyarakat, namun juga pemerintah. Karena secara legalitas pemerintah tidak punya kewenangan secara administratif untuk melakukan pembangunan maupun pemeliharaan PSU yang berada di dalam area perumahan. PSU sulit untuk dicatat, belum lagi pemeliharaan saluran air, jalan area perumahan dan penerangan lampu jalan dan lainnya yang menjadi terkendala,” ujarnya.

Untuk itu, dengan adanya penyerahan yang dilakukan Direktur PT Daya Prima Nusawisesa selaku pengembang Antang Nusa Idaman dan Sudiang Nusa Idaman, Direktur CV Griya Kenari selaku pengembang Grand Aroepala dan Perumahan Ramang Residence, diucapkan terima kasih karena telah membantu dan berperan aktif dalam kemajuan pembangunan Makassar.

“Semoga ini menjadi contoh bagi pengembang lainnya,” tuturnya.

Sementara itu, Plt Kepala Dinas Perumahan dan Kawasan Permukiman Kota Makassar, Nirman Niswan Mungkasa, dalam kesempatan yang sama melaporkan setelah melalui proses administrasi dan teknis oleh tim verifikasi, hari ini pengembang telah menyerahkan PSU ke Pemkot Makassar. Rinciannya sebagai berikut.

  1. Perumahan Antang Nusa Idaman (PT Daya Prima Nusawisesa) luas PSU yang diserahkan 2.988 meter persegi, yang terdiri dari jalan, drainase, taman dan 14 titik penerangan lampu jalan, dua buah sertifikat/AJB, dengan perkiraan nilai aset yang diserahkan berdasarkan nilai NJOP setelpat adalah Rp2.097.570.000.
  2. Perumahan Sudiang Nusa Idaman (PT Daya Proma Nusawisesa) luas PSU yang diserahakn 7.044 meter persegi, yang terdiri dari jalan, drainase, taman, dan 29 titik penerangan lampu jalan, tujuh buah sertifikat, serta nilai aset diperkirakan Rp6.452.304.000.
  3. Perumahan Griya Kenari Daya (CV Griya Kenari), luas PSU yakni 2.421 meter persegi yang terdiri dari jalan, drainase, taman, dan 11 titik penerangan lampu jalan, empat buah sertifikat, dan nilai aset sekitar Rp 953.874.999.
  4. Perumahan Grand Aroepala (PT Patiarase Propertindo) dengan luas PSU adalah 22.989 meter persegi yang terdiri dari jalan, drainase, taman, dan 66 titik penerangan lampu jalan, 31 buah sertifikat, dengan nilai aset sekitar Rp9.057.666.000.
  5. Perumahan Ramang Residenza (PT Patiarase Propertindo) dengan luas PSU adalah 1.606 meter persegi, yang terdiri dari drainase, taman, dan 6 titik penerangan lampu jalan, satu buah sertifikat, serta nilai aset sekitar Rp1.657.392.000. (*)
Topik berita Terkait:
  1. Pemkot Makassar
Berikan Komentar
Komentar Pembaca