Wahab Tahir Gelar Sosper Anjal dan Gepeng

Rabu, 24 November 2021 16:27 WITA Reporter : Makassarmetro
Wahab Tahir Gelar Sosper Anjal dan Gepeng

MAKASSARMETRO- Legistor DPRD Kota Makassar, Wahab Tahir melakukan sosialisasi peraturan daerah (perda) nomor 2 tahun 2008 tentang Pembinaan Anak Jalanan, Gelandangan Pengemis dan Pengamen di Kota Makassar, di Hotel Pessona, Jl Mappanyukki, Rabu (24/11/2021).

Kegiatan sosialisasi perda ini di ikuti puluhan warga yang berasal dari kecamatan Ujung Pandang dan Bontoala. Kegiatan ini juga dihadiri oleh dua pemateri yakni Muhyiddin selaku Sekretaris Dinas Sosial Makasar serta Plt Kepala Satpol PP Kota Makassar Iqbal Asnan.

 

Dalam sambutannya Politisi Golkar Makassar ini mengatakan harapan saya di diskusi ini melahirkan ide-ide untuk terus mengawal perda nomor 2 tahun 2008 ini

“Pasca terbitnya fatwa haram dari Majelis Ulama Indonesia (MUI) Sulsel tentang eksploitasi dan kegiatan mengemis di jalanan dan ruang publik, sudah sepatutnya kita mengawal fatwa haram memberikan uang ekpada pengemis di jalanan tersebut dikarenakan sudah sesuai dengan produk Perda kita,” Ujar Wahab Tahir

 

 

Fenomena anak jalanan, gepeng, dan pengemis menjadi pemandangan sehari-hari di Kota Makassar. Mereka mudah terlihat di lampu merah, sudut pertokoan serta pusat bisnis, serta ditempat keramaian.

Sementara itu sekretaris Dinas Sosial kota Makassar Muhyiddin mengatakan perda nomor 2 tahun 2008 ini telah berumur 13 tahun dan masih relevan. saat ini terdata 330 jumlah Anjal, Pengamen serta Gepeng yang berada di Kota Makassar.

“Sejak 1 September lalu kita telah melaksanakan program Zero Anjal, kami berkolaborasi bersama Satpol PP Makassar melakukan penertiban serta pembinaan dan telah terjaring 100 oramg, namun semuanya tidak mudah, perlu upaya serta kolaborasi untuk menekan kehadiran mereka kembali kejalan,” Ujarnya.

Lanjut Muhyiddin saat ini kami juga fokus dengan fonomena Sedekah Jumat yang saat ini sangat trending.

“Ini tiap Jumat ramai sekali, berjejer diruas jalan. Inikan gak boleh, yang suka sedekah Jumat mestinya langsung ke Panti Asuhan saja. Kita punya banyak data panti asuhan, silahkan yang mau datanya nanti kita kasih”, ujarnya menambahkan.

Berikan Komentar
Komentar Pembaca