Disdik Makassar Akan Evaluasi Menyeluruh Database Pendidikan

Jumat, 07 Januari 2022 09:59 WITA Reporter : Makassarmetro
Disdik Makassar Akan Evaluasi Menyeluruh Database Pendidikan Kepala Dinas Pendidikan Kota Makassar, Muhyiddin Mustakim.

MAKASSARMETRO, MAKASSAR – Dinas Pendidikan (Disdik) Kota Makassar akan melakukan evaluasi secara menyeluruh database pendidikan.

Kepala Disdik Kota Makassar, Muhyiddin, mengatakan memang perlu ada evaluasi terkait database yang selama ini masih berantakan. Sejauh ini, kata dia, belum ada data akurat terkait potensi di bidang pendidikan.

“Makanya yang saya kerja segera ini adalah data potensi. Contohnya, kita di sini terlalu banyak guru. Nah, kami butuh ini data. Sekarang kan datanya belum bisa ditunjukkan,” kata Muhyiddin, kemarin.

Menurutnya, data pokok pendidikan (dapodik) masih belum sinkron dengan realitas yang ada di lapangan. Pendataan juga masih terbilang pasif.

“Sekarang saya minta semua data baik rombongan belajar, jumlah siswa, jumlah guru, dan kebutuhan guru, termasuk kualifikasi, termasuk guru kontrak,” paparnya.

Dari data itu, Muhyiddin menyampaikan bakal melakukan verifikasi. Salah satunya melihat apakah betul di Kota Makassar masih kekurangan guru atau justru sebaliknya.

“Kalau over, kalau dia guru kontrak maka saya akan pertimbangkan untuk tidak dilanjutkan. Karena ini kan buang-buang uang negara. Bukan berarti kita berhentikan,” ucapnya. (*)

Berikan Komentar
Komentar Pembaca