Danny Pomanto Dukung Program Makassar Kota Zakat yang Dicanangkan Baznas

Kamis, 27 Januari 2022 10:28 WITA Reporter : Makassarmetro
Danny Pomanto Dukung Program Makassar Kota Zakat yang Dicanangkan Baznas Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Kota Makassar mengelar rapat koordinasi (rakor) dengan jajaran Pemerintah Kota (Pemkot) Makassar, Rabu (26/1/2022).

MAKASSARMETRO, MAKASSAR – Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Kota Makassar mengelar rapat koordinasi (rakor) dengan jajaran Pemerintah Kota (Pemkot) Makassar, Rabu (26/1/2022).

Rakor yang berlangsung di Aula Sipakatau Balai Kota Makassar itu dibuka Wali Kota Makassar yang diwakili Asisten I, Andi Muh Yasir.

Turut hadir para pembina Baznas Kota Makassar, unsur Forkopimda Makassar, para kepala SKPD, camat, lurah, dan pejabat BUMN dan undangan lainnya. Rakor dengan tetap menerapkan protokol kesehatan itu dirangkaikan pemberian beasiswa.

Dalam rakor ini Yasir menyampaikan dukungan penuh Wali Kota Makassar, Moh Ramdhan “Danny” Pomanto, terhadap salah satu program Baznas Makassar yakni ”Makassar Kota Zakat” yang akan diberlakukan dalam waktu dekat.

Yasir mengemukakan, pihaknya sangat mendukung terobosan dari Baznas Makassar. Dia pun menantang lembaga pemerintah non struktural ini segera action dengan Makassar Kota Zakat itu.

Sementara, Ketua Baznas Kota Makassar, Ashar Tamanggong, mengaku dirinya dan tiga komisioner lainnya bersama seluruh jajaran Baznas Makassar sudah siap melaksanakan tugas mulia itu.

Ashar mengaku, Wali Kota Makassar sangat responsif. Apalagi, ke depan, pihaknya akan menanamkan zakat sebagai life style. Pertama literasi yaitu memberikan edukasi tentang wajib hukum zakat, hikmah zakat, dan manfaat zakat. Kedua adalah kesadaran.

“Jika tahap literasi sudah dilakukan, maka akan muncul kesadaran yang tinggi terhadap zakat,” kata Ashar.

“Ketiga adalah kebiasaan. Jika ketiga sudah ditanamkan, maka zakat akan menjadi gaya hidup,” tambahnya

Ashar juga menyinggung berbagai program yang telah dan akan dilakukan tahun 2022. Misalnya, bantuan operasional duafa produktif, bantuan bahan makanan siap saji di perkampungan kumuh, penyaluran bantuan bulan kepada kaum dhuafa, sunatan gratis, baznas tanggap bencana, pemberian beasiswa bagi 1.000 siswa dan mahasiswa, dan program kerja lainnya.

“Yang lain, baznas benar-benar berada di tengah-tengah masyarakat yang membutuhkan. Malah, dalam berbagai momen dan peristiwa, tim baznas kota Makassar yang paling cepat membantu. Sebut saja kebakaran, atau musibah lainnya,” tuturnya.

Sementara itu, pembina Baznas Makassar Ahmad M Sewang, menyarankan agar dengan zakat jajaran Baznas Makassar dapat memotivasi etos kerja penerima, utamanya bagi mereka yang masuk dalam delapan asnaf. (*)

Topik berita Terkait:
  1. Baznas Makassar
  2. Pemkot Makassar
Berikan Komentar
Komentar Pembaca