Jelang Ramadan, AUHM Sepakat Tutup Lebih Awal

Kamis, 31 Maret 2022 15:55 WITA Reporter : Makassarmetro
Jelang Ramadan, AUHM Sepakat Tutup Lebih Awal Ketua AUHM, Zulkarnaen Ali Naru.

MAKASSARMETRO, MAKASSAR – Asosiasi Usaha Hiburan Makassar (AUHM) menyepakati penutupan usaha hiburan lebih awal mulai Kamis (31/3/2022).

Hal ini juga sejalan dengan Surat Edaran (SE) Wali Kota Makassar Nomor 556/140/S.Edar/Dispar/III/2022 tentang Penutupan Sementara Tempat Hiburan Dalam Rangka Menghormati Bulan Ramadan 1443 H/2022.

Ketua AUHM, Zulkarnaen Ali Naru, mengatakan ikhwal penutupan sementara usaha-usaha hiburan terkait bulan Ramadan juga merupakan kesepakatan bersama yang mencuat dalam dialog bersama yang dilaksanakan pihaknya bersama Dinas Pariwisata, Bapenda, Dinas Perdagangan, DPM-PTSP, dan Satpol PP Kota Makassar, Senin (28/3/2022) lalu.

Menurutnya, sesuai Peraturan Daerah (Perda) Kota Makassar Nomor 5 Tahun 2011 tetang Tanda Daftar Usaha Pariwisata (TDUP), penutupan dimulai pada sehari sebelum Ramadan dan dapat dibuka kembali pada tiga hari setelah Ramadan.

“Kalau berdasarkan Perda ketentuannya -1 sampai +3. Namun, untuk memberikan kesempatan lebih bagi karyawan/pekerja yang akan menjalankan tarawih dan puasa menyambut bulan suci Ramadan, maka kami sepakat tutup lebih awal, meski pihak pemerintah belum menentukan awal Ramadan tahun ini,” ungkap Zul, sapaan akrabnya, Rabu (30/3/2022) malam.

Selain itu, lanjutnya, berdasarkan metode hisab hakiki wujudul hilal, Muhammadiyah juga telah menetapkan awal puasa 2022 atau 1 Ramadan 1443 H jatuh pada Sabtu (2/4/2022)

“Dengan demikian, salat tarawih Muhammadiyah dimulai pada Jumat (1/4/2022) malam dan puasa pertama pada hari Sabtu. Hal itu telah diputuskan Muhammadiyah melalui Maklumat PP Muhammadiyah nomor 01/MLM/I.0/E/2022. Ini juga yang menjadi salah satu pertimbangan kami, untuk menghormati keputusan atau maklumat PP Muhammadiyah dimaksud,” ungkapnya.

Zul mengaku pihaknya juga sudah menerima surat edaran (SE) Wali Kota Makassar terkait penutupan sementara aktivitas usaha-usaha hiburan dimaksud.

Untuk itu, kata dia, AUHM mengharapkan seluruh aktivitas usaha hiburan yang ada di Kota Makassar bisa mematuhi SE Wali Kota Makassar dimaksud,” ujarnya. (*)

Topik berita Terkait:
  1. AUHM Makassar
  2. Pemkot Makassar
Berikan Komentar
Komentar Pembaca