Menteri BUMN Erick Thohir Serukan Penguatan Ekonomi Umat di Sulsel

Kamis, 31 Maret 2022 13:17 WITA Reporter : Makassarmetro
Menteri BUMN Erick Thohir Serukan Penguatan Ekonomi Umat di Sulsel Menteri BUMN, Erick Thohir, hadir sebagai narasumber dalam acara Muslim Leader Preneur di Masjid Terapung Amirul Mukminin, Rabu (30/3/2022).

MAKASSARMETRO, MAKASSAR – Menteri BUMN, Erick Thohir, melawat ke Kota Makassar, Sulawesi Selatan. Ada beberapa agenda yang bakal dihadiri sosok yang juga pengusaha milenial ini. Salah satunya hadir sebagai narasumber dalam acara Muslim Leader Preneur di Masjid Terapung Amirul Mukminin, Rabu (30/3/2022).

Muslim Leader Preneur merupakan kegiatan yang digelar atas kerja sama beberapa pihak. Di antaranya, Bank Syariah Indonesia (BSI), BPD Himpunan Pengusaha Muda Indonesia (HIPMI) Sulsel, Dewan Masjid Indonesia (DMI), Majelis Ulama Indonesia (MUI), ISYEF, Muslimpreneur, Rabu Hijrah, dan MES.

Dalam sambutannya, pria berdarah Bugis ini ingin memperkuat ekonomi umat di Indonesia khususnya Sulsel. Adapun salah satu alasannya adalah melihat banyaknya jumlah penduduk muslim.

“Saat ini mata dunia tertuju di indonesia. Saya tidak membicarakan hal terlalu tinggi, tapi saya hanya menilai bahwa kekurangan kita sebagai umat yaitu tidak kompak, kita hanya senang cari uang cepat dan mudah, tanpa memikirkan keberlanjutan,” tegas Erick.

“SDA (sumber daya alam) kita juga luar biasa, saat ini lebih senang mengirim ke luar negeri dalam keadaan mentah. Jika dibandingkan negara tetangga, kita masih mengirim 50 persen bahan jadi, dan 50 mentah. Padahal negara lain sudah di bawah 20 persen,” lanjutnya.

Sebagai Ketua Masyakarat Ekonomi Syariah (MES), ia juga menyayangkan Indonesia sebagai negara konsumtif. Olehnya, ia ingin memajukan ekonomi mulai dari desa.

“Karena itu ketika saya bicara soal ekonomi syariah saya tidak bisa sendiri karena kita harus membangun dari desa sebagai sumber produktif bahan-bahan yang diperlukan secata nasional,” terangnya.

Terakhir, Erick menerangkan bahwa industri halal dan investasi memiliki kaitan erat dengan keuangan, yang bernama financial syariah. “Dan selama sejarah kita merdeka, kita belum pernah punya bank syariah sebesar sekarang ini. Jadi kita harus bersama-sama memanfaatkan momen tersebut,” tuturnya.

Sementara itu, Sekretaris HIPMI Sulsel, Omar Muhammad Sahar, menilai bahwa kinerja Erick sebagai Menteri BUMN sudah on the track. Apalagi, beberapa pencapaian dan penghargaan sudah diraih Kementerian BUMN di bawah kendalinya.

“Kementerian BUMN di bawah kepemimpinan Bapak Erick Thohir sudah membuktikan keberhasilannya. Dan sudah tepat diamanahkan oleh Bapak Presiden Jokowi,” ujarnya.

CEO Indonesia Moeda Sulsel ini juga menilai Erick dalam memimpin Kementerian BUMN sudah menunjukkan beberapa keberhasilan. Pihaknya pun berterima kasih atas kedatangannya di Sulsel.

“Terima kasih sebesar-besarnya untuk bapak Erick Thohir yang telah meluangkan waktu ke Sulsel. Sungguh sangat mencerahkan kami terkait ekonomi umat,” tukasnya. (*)

Topik berita Terkait:
  1. Erick Thohir
  2. Kementerian BUMN
Berikan Komentar
Komentar Pembaca