Awal Ramadan, Satpol PP Makassar Amankan Puluhan Anjal-Gepeng

Kamis, 07 April 2022 11:04 WITA Reporter : Makassarmetro
Awal Ramadan, Satpol PP Makassar Amankan Puluhan Anjal-Gepeng Ilustrasi.

MAKASSARMETRO, MAKASSAR – Satpol PP Kota Maksssar menjaring puluhan anak jalanan hingga gelandangan dan pengemis (anjal-gepeng) di Kota Makassar pada awal Ramadan 1443 H/2022 M.

Sekretaris Satpol PP Maksssar, I Nyoman Arya, menjelaskan bahwa mereka yang terjaring razia tersebar di beberapa titik lokasi ruas jalan. Penertiban dilakukan tim gabungan bersama Dinas Sosial dan Dinas Perhubungan.

“Kita jalan secara acak selama Ramadan dan sudah kita tertibkan selama 51 orang, di mana 22 di antaranya gelandangan pengemis atau gepeng,” papar Arya, kemarin.

Ia mengaku dari sejumlah anjal-gepeng yang diamankan, ada di antaranya merupakan pelaku kambuhan. “Dari 51 orang, dua di antaranya pelaku kambuhan. Jadi sudah ditindak, sudah diberikan pembinaan, digundul, dan lainnya dan tandatangan surat pernyataan,” sebut dia.

Arya mengaku anjal-gepeng yang diamankan masih berasal dari Makassar. Walau begitu, pihaknya tetap mengantisipasi anjal-gepeng makin marakn di jalan karena aktivitasnya terkoordinasi.

“Selama ini yang masih didapatkan dalam Makassar. Mereka kan terkoordinir, kalau satu ditindaki, mereka cepat mendapatkan informasinya (kalau ada razia), mereka cepat hilang. Jadi besar kemungkinan mereka terkoordinir,” tuturnya.

Sementara, Kepala Dinas Sosial (Dinsos) Makassar, Aulia Arsyad, mengatakan pihaknya masih gencar melakukan razia anjal dan gepeng. Akan tetapi, pihaknya belum melibatkan kepolisian karena belum ada SK dari Wali Kota Makassar.

“Itu belum ada SK wali kota, belum ada jadi polisi belum bisa gabung. Jadi kita maksimalkan tim yang ada,” ujar Aulia.

SK Wali Kota Makassar terkait penertiban anjal dan gepeng sangat penting. Dengan harapan memperkuat kerja dari petugas di lapangan.

“Infonya (SK wali kota terkait penertiban anjal-gepeng) sementara di bagian hukum katanya,” tambahnya. (*)

Topik berita Terkait:
  1. Pemkot Makassar
  2. Satpol PP Makassar
Berikan Komentar
Komentar Pembaca