Pemkot Makassar-BPKA Konsultasi Publik Ulang Rencana Pembangunan Jalur Kereta Api Makassar-Parepare

Jumat, 08 April 2022 08:02 WITA Reporter : Makassarmetro
Pemkot Makassar-BPKA Konsultasi Publik Ulang Rencana Pembangunan Jalur Kereta Api Makassar-Parepare Pemerintah Kota (Pemkot) Makassar menghadiri rapat koordinasi bersama Balai Pengelola Kereta Api (BPKA) Sulawesi Selatan yang digelar di Kantor Gubernur Sulsel, Kamis (7/4/2021).

MAKASSARMETRO, MAKASSAR – Pemerintah Kota (Pemkot) Makassar menghadiri rapat koordinasi bersama Balai Pengelola Kereta Api (BPKA) Sulawesi Selatan yang digelar di Kantor Gubernur Sulsel, Kamis (7/4/2021).

Rakor yang dihadiri langsung Wali Kota Makassar, Moh Ramdhan “Danny” Pomanto, dalam rangka membahas tindak lanjut konsultasi publik ulang rencana pembangunan jalur kereta api Makassar-Parepare (Segmen E).

Danny menjelaskan, dalam hal pembebasan lahan sebenarnya tidak ada warga yang keberatan. “Itu adalah hal biasa. Hanya saja, perlu dijelaskan secara lengkap, misalnya terputus ini, padahal tidak, makanya solusinya memang elevated,” ucap Danny.

Sebagai ahli perencana tata ruang, Danny tahu kesulitan yang dirasakan rakyat. “Maka saya harus bela rakyat saya. Karena saya bela rakyat itulah, saya minta elevated. Di Makassar semua elevated,” tuturnya.

Menurutnya, Pemkot Makassar sepakat dan sangat mendukung dengan adanya pembangunan jalur rel kereta api ini.

“Kita telah sepakat trase jalur, jalur tidak akan mungkin dirubah lagi, sisa kalau dia elevated, sisa 10 meter saja yang dibutuhkan. Kalau dia tidak elevated, 50 meter. Tapi, kalau dia 50 meter akan bertindisan dengan jalan arteri, berbenturan dengan tata ruang,” jelasnya.

Berdasarkan dari kesepakatan tersebut, Danny akan segera menghadap langsung ke Kementerian Perhubungan (Kemenhub). “Karena ini adalah tupoksinya menteri (Menteri Perhubungan, Budi Karya), saya segera menghadap Pak Menteri langsung, tidak boleh kita kosong juga, salah satu opsinya adalah Pemkot yang menyiapkan jalan jalur 10 meternya,” ungkapnya.

Danny mengatakan, saat ini pembangunan jalur kereta api yang panjangnya tujuh kilometer dari Mandai ke Makassar New Port (MNP) tahun ini segera direalisasikan.

“Pembangunannya lebih cepat lebih bagus karena anggarannya sudah ada. Kalau tahun ini sampai di Mandai dulu, sampai tahun depan, sekalian juga kepala balai meminta pemerintah kota langsung desain LRT (lintas rel terpadu) masuk kota. Senin selesai desain. Saya coba cari momen menghadap ke Pak Menteri,” imbuhnya. (*)

Topik berita Terkait:
  1. Pemkot Makassar
Berikan Komentar
Komentar Pembaca