Wabup Gowa Harap lewat TPPS Prevelensi Stunting Turun

Selasa, 19 April 2022 13:33 WITA Reporter : Makassarmetro
Wabup Gowa Harap lewat TPPS Prevelensi Stunting Turun Wakil Bupati (Wabup) Gowa, Abd Rauf Malaganni.

MAKASSARMETRO, GOWA – Wakil Bupati (Wabup) Gowa, Abd Rauf Malaganni, yang sekaligus Ketua Tim Percepatan Penurunan Stunting (TPPS) Gowa berharap seluruh pihak terlibat untuk memperkuat kolaborasi menurunkan angka stunting khususnya di wilayah Gowa.

Hal ini diungkapkannya saat membuka Pertemuan Penguatan Kemitraan Kampung KB dan Pemberdayaan Kelompok Masyarakat di Kampung KB dalam rangka Percepatan Penurunan Stunting di Gowa yang berlangsung di Baruga Karaeng Galesong, Kantor Bupati Gowa, Senin (18/4/2022).

Apalagi, menurut Abd Rauf, secara nasional Gowa memiliki target pada 2024 angka prevalensi balita stunting 14 persen. Namun, ia berharap sebelum 2024 target itu sudah bisa dicapai.

“Ini bisa kita capai tentunya dengan kerjasama dan kolaborasi yang baik antara semua pihak. Initinya juga agar semua SKPD terkait sapat ikut terlibat dapat melakukan program dan kegiatan yang dapat mendukung percepatan penurunan stunting tersebut,” ujar Kr. Kio, sapaan Wabup Gowa.

Ia menyebutkan saat ini angka stunting dari tahun ke tahun di Gowa terus mengalami penurunan. Hasil Reset Kesehatan Dasar (Reskesdas) 2018 prevalensi balita stunting Gowa sebesar 44,50 persen, kemudian 2019 36,90 persen dan terakhir turun menjadi 33 persen pada 2021.

“Melihat perjalanan data balita stunting di Kabupaten Gowa kita patut bersyukur bahwa prevalensi balita stunting di Kabupaten Gowa selalu menurun. Namun, dengan adanya pandemi Covid-19 sepanjang tahun 2020, 2021, ini diperkirakan indikator peningkatan kualitas SDM tersebut akan menurun,” ungkapnya.

Sementara, untuk terus menurunkan angka stunting di Gowa, ia juga menyebutkan pemerintah sudah membentuk TPPS di seluruh kecamatan, desa dan kelurahan. Ia menyebutkan ada 590 tim pendamping keluarga yang dibentuk dengan jumlah kader 1.770.

“Dengan adanya Tim Percepatan Penurunan Stunting diharapkan pemerintah di setiap jenjang wilayah bisa bekerja lebih fokus dan terarah untuk penanganan stunting tersebut,” harapnya.

Turut hadir dalam kegiatan ini Sekretaris Daerah Kabupaten Gowa, Kamsina, sejumlah pimpinan perangkat daerah terkait, camat, kepala desa dan lurah pengelola Kampung KB. (*)

Topik berita Terkait:
  1. Pemkab Gowa
Berikan Komentar
Komentar Pembaca