Sosper Perda Perlindungan Anak, Wahab Tahir: Ibu Jangan Sedikit pun Marahi Buah Hati

Sabtu, 25 Juni 2022 20:14 WITA Reporter : Makassarmetro
Sosper Perda Perlindungan Anak, Wahab Tahir: Ibu Jangan Sedikit pun Marahi Buah Hati Sosialisasi Peraturan Daerah (sosper) Nomor 5 Tahun 2018 tentang Perlindungan Anak yang berlangsung di Hotel Royal Bay, Sabtu (25/6/2022).

MAKASSARMETRO, MAKASSAR – Anggota DPRD Kota Makassar, Abdul Wahab Tahir, mengingatkan agar orang tua, khususnya ibu-ibu, untuk terus memperhatikan anaknya. Begitu juga terhadap perilaku mereka.

Demikian disampaikan Wahab, sapaan akrabnya, saat Sosialisasi Peraturan Daerah (sosper) Nomor 5 Tahun 2018 tentang Perlindungan Anak yang berlangsung di Hotel Royal Bay, Sabtu (25/6/2022).

Sebagai seorang ibu, kata Wahab, mereka perlu mendidik anaknya dengan baik. Terkhusus menyampaikan hal positif terhadap sang buah hati.

“Jangan sedikit pun marahi anakmu walau kadang ada anak yang sedikit rewel. Doakan dia, sapu-sapu (elus-elus) kepalanya doakan dia jadi lebih baik,” ucap Wahab.

Legislator Fraksi Partai Golkar ini memandang ucapan seorang ibu sangat berpengaruh terhadap perilaku anak. Untuk itu, mereka diminta menjaga ucapannya.

“Kalau kau (ibu) mau marah, karena jangan sampai ujung lidah itu jadi kutukan. Kalau anakmu nakal biasaji itu, tanya dirimu, jangan sampai dirimu nakal,” lanjutnya.

“Jadi wanita memang tidak mudah. Bersyukurlah menjadi perempuan yang hebat karena dalam sejarah itu perempuan banyak yang hebat. Semoga ini bisa dimaknai dengan baik,” ucap Wahab.

Sementara itu, Wakil Direktur Umum dan Keuangan RSUD Kota Makassar, Amalia Malik, menyebut banyak macam kekerasan terhadap anak. Salah satunya nonfisik atau melalui ucapan.

“Di dalam keseharian kita juga seperti ucapan kita ke anak yang tidak baik itu adalah kekerasan non fisik,” sebut Amalia Malik.

Mantan Sekretaris Dinas Kebudayaan Makassar ini meminta ibu untuk selalu memikirkan yang terbaik anaknya. Berikut dengan tetap melakukan pendampingan.

“Mari kita memikirkan anak kita bisa menjadi lebih baik dan tidak terjadi hal yang diinginkan,” ucap Amalia.

Akademisi yang juga sebagai narasumber sosper, Suhaidah menyebut kasus kekerasan anak sudah mencapai ratusan, bahkan banyak pula yang tidak terdeteksi.

“Ternyata berdasarkan informasi dari media dan dari DPPPA (Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Anak), sudah ada 200 kasus yang masuk. Bayangkan yang belum melapor pasti banyak juga,” ungkapnya.

Olehnya, Suhaidah meminta orang tua terkhusus ibu untuk terus mendidik anaknya. Salah satu yang bisa dilakukan ialah memberikan nasehat bukan lantas memarahi mereka.

“Setiap ucapan orang tua itu adalah doa, ketika kita menyebut bodoh maka kita doakan anak kita bodoh makanya penting mengucapkan kata positif,” ucapnya.

Topik berita Terkait:
  1. DPRD Kota Makassar
Berikan Komentar
Komentar Pembaca