Wawali Makassar Pimpin Rakor Persiapan Peringatan Kemerdekaan RI, Upacara Dipusatkan di Losari

Senin, 01 Agustus 2022 20:40 WITA Reporter : Makassarmetro
Wawali Makassar Pimpin Rakor Persiapan Peringatan Kemerdekaan RI, Upacara Dipusatkan di Losari Rapat koordinasi (rakor) lanjutan persiapan peringatan hari kemerdekaan Republik Indonesia ke-77 di Balai Kota Makassar, Senin (1/8/2022).

MAKASSARMETRO, MAKASSAR – Wakil Wali Kota (Wawali) Makassar, Fatmawati Rusdi, memimpin rapat koordinasi (rakor) lanjutan persiapan peringatan hari kemerdekaan Republik Indonesia ke-77 di Balai Kota Makassar, Senin (1/8/2022).

Dalam rapat tersebut disepakati bahwa lokasi upacara pada 17 Agustus nanti dipusatkan di kawasan Pantai Losari, tepatnya di Anjungan City of Makassar, Jalan Penghibur.

“Hasil pendiskusian dan arahan Bapak Wali Kota (Moh. Ramdhan ‘Danny’ Pomanto), upacara 17 Agustus tahun ini kita selenggarakan di Anjungan City of Makassar,” ucap Fatma.

Beberapa persiapan akan menyusul, di antaranya layout lokasi upacara, pengaturan formasi pasukan pengibar bendera, dan persiapan teknis lainnya.

Rangkaian agenda yang telah disiapkan Pemkot Makassar juga dibahas lebih lanjut. Mulai rencana peluncuran Lorong Wisata (Longwis) hingga aneka kompetisi.

“Rencananya setelah upacara di Anjungan dan upacara peringatan detik-detik proklamasi di tingkat provinsi, kita akan launching Longwis,” ujar Fatma.

Ada beberapa opsi yang akan menjadi metode peluncuran, apakah mode virtual atau hybrid. Kemudian akan diagendakan pula kunjungan langsung ke beberapa titik Longwis oleh Wali Kota Makassar.

Sejumlah perlombaan juga diagendakan Pemkot Makassar, seperti mural antarlorong, kebersihan kantor antar organisasi perangkat daerah (OPD), hingga Pekan Olahraga dan Seni (Porseni).

“Sudah ada surat edaran internal oleh BKPSDMD (Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia Daerah), Porseni tanggal 5 Agustus langsung pembukaan. Seperti tahun sebelumnya ada lomba terompah, lari karung, dan tarik tambang. Ada juga futsal, bulu tangkis, dan senam line dance Marendeng Marampa. Ada juga lomba menyanyi antar kepala OPD se-Pemkot Makassar bersama pasangannya,” kata Kepala BKPSDMD Makassar, Andi Siswanta Attas.

Teknis Gerakan Bersih-bersih Kanal dan aksi menanam pohon, baik oleh aparatur sipil negara (ASN) maupun Pelayanan Publik Berintegritas (Laskar Pelangi) juga dibahas dalam rakor ini.

Topik berita Terkait:
  1. Pemkot Makassar
Berikan Komentar
Komentar Pembaca