Ini Keunggulan Perizinan Online Yang Bakal Diterapkan DPM-PTSP Makassar

Sabtu, 26 Mei 2018 16:17 WITA Reporter :
Ini Keunggulan Perizinan Online Yang Bakal Diterapkan DPM-PTSP Makassar

MAKASSARMETRO– Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPM-PTSP) Kota Makassar terus berupaya memberikan kemudahan dalam pelayanan.

SKPD yang dikomandoi A. Bukti Djufrie ini memang telah berkomitmen untuk memberikan pelayanan prima bagi masyarakat. Oleh karenanya, pihaknya bakal menerapkan sistem online.

Dibanding dengan sistem konvensional, sistem online yang akan diterapkan untuk pengurusan penerbitan izin memiliki sejumlah keunggulan. Adapun keunggulannya sebagai berikut:

1. Menjawab kebutuhan masyarakat

Kehidupan warga Kota Makassar yang dinamis dan mobile, membutuhkan proses yang mudah, cepat dan aman. Sistem online yang bakal diterapkan DPM-PTSP Makassar bakal menjawab kebutuhan masyarakat dalam hal perizinan.

Mudah cukup melalui smartphone bisa diakses baik informasi kelengkapan administrasi maupun prosedurnya. Cepat karena semua layanan perizinan ada dalam satu tempat, dan aman, bisa dipantau tahapan penerbitannya sekaligus menghindari perilaku pungli.

2. Mendukung kampanye “paperless”

Penggunaan sistem online, secara otomatis mengurangi penggunaan kertas. Diketahui, gerakan non-kertas atau paperless di instansi maupun perusahaan tengah digalakkan. Alur perizinan bisa jalan sekaligus membantu kelestarian lingkungan.

3. Mendukung GNNT

Selain mendukung kampanye paperless, sistem ini juga mendukung Gerakan Nasional Non Tunai (GNNT) atau yang populer disebut cashless. Pasalnya, pengurusan perizinan yang mensyaratkan retribusi bisa menggunakan cara cashless ini. Rekam jejak transfer juga bisa terlacak, jadi aman.

4. Melengkapi Sombere’ and Smartcity

Makassar terus memacu diri untuk menciptakan penyelenggaraan pemerintahan yang terbuka dan transparan melalui e-Open Government. Pengurusan perizinan online ini akan melengkapi konsep smartcity yang diusung Pemkot Makassar ini.

Berikan Komentar
Komentar Pembaca