DLH Makassar Harapkan Warga Waspadai Pohon Tumbang

Sabtu, 24 November 2018 10:57 WITA Reporter :
DLH Makassar Harapkan Warga Waspadai Pohon Tumbang

MAKASSARMETRO– Hujan disertai angin kencang mulai melanda kota Makassar. Kondisi ini meningkatkan potensi pohon tumbang. Untuk itu, masyarakat diimbau waspada saat beraktivitas di luar rumah.

Kepala Bidang Ruang Terbuka Hijau DLH Makassar Bahar Cambolong mengatakan sepanjang tahun ini, sudah ada 91 kasus pohon tumbang di sejumlah ruas jalan utama di Makassar. Sementara pada 2017, tercatat ada 204 kasus pohon tumbang.

“Kami berharap sampai Desember tahun ini kasus pohon tumbang sedikit. Karena ada beberapa titik yang banyak pohon besar lapuknya itu sudah kami tebang atau pangkas,” katanya.

Pemangkasan pohon telah dilakukan sejak tahun lalu. Tujuannya mengurangi potensi terjadinya pohon tumbang. Sehingga tidak membahayakan warga yang sedang melalukan aktifitas di luar rumah.

“Kami harapkan tidak ada lagi pohon tumbang di Makassar. Kalaupun ada, paling satu atau dua. Apalagi sampai memakan korban, kita antisipasi itu,” tambahnya.

Ia menyebut, masih ada empat wilayah yang memiliki pohon kayu tua. Masing-masing di Jalan Monginsidi, Jalan Cendrawasih, Jalan Bandang, dan Jalan Perintis. Mayoritas pohonnya jenis trembesi, mahoni, dan angasana.

“Jangan parkir kendaraan di bawah pohon ketika hujan. Sementara kami terus turunkan tim melakukan pemangkasan pohon yang kami anggap membahayakan dan rawan,”tukasnya. (Momo)

Berikan Komentar
Komentar Pembaca