pelayanan publik

SNMPTN 2019 Resmi Dibuka, Begini Mekanisme Lengkapnya !

Selasa, 05 Februari 2019 16:55 WITA Reporter :
SNMPTN 2019 Resmi Dibuka, Begini Mekanisme Lengkapnya !

MAKASSARMETRO– Jalur Pendaftaran Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) 2019 resmi dibuka sejak kemarin, Senin 4 Januari 2019.

Sistem penerimaan mahasiswa baru jalur SBMPTN tahun ini akan sangat berbeda dari sebelumnya. Akan ada Ujian Tulis Berbasis Komputer (UTBK) yang nilainya nanti untuk bekal mendaftar di universitas tujuan.

Bahkan untuk memaksimalkan sistem tersebut, hari ini Menristekdikti, M Nasir, meluncurkan Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi (LTMPT).

Sehingga pelaksana penerimaan mahasiswa baru bukan lagi panitia lokal atau panlok. Peluncuran LTMPT digelar diujung acara Rakernas Kemenristekdikti 2019 di Undip Semarang sore ini.

“Jadi kita sederhanakan dengan lembaga permanen. Dulu SBMPTN panitianya berganti-ganti,” kata M Nasir, Selasa(5/1/2019).

Dengan sistem tersebut, lanjut Nasir, calon mahasiswa akan mengikuti UTBK terlebih dahulu kemudian dalam rentang 10 hari akan keluar nilai dan nilai itulah yang digunakan untuk mendaftar ke universitas.

“Sekarang mereka tes dulu, terus dapat nilai, baru mendaftar ke PTN yang diinginkan. Sistem skorsing, tes potensial skolastik dan tes kompetensi akademik,” jelasnya.

Mengutip dari laman resmi SNMPTN, pendaftaran dimulai pada 4 Februari hari ini hingga ditutup pada 14 Februari 2019. Masa pendaftaran merentang selama 10 hari.

Adapun pengumuman hasil seleksi pada 23 Maret 2019. Jadwal pelaksanaan proses verifikasi dokumen peserta dan/atau pendaftaran ulang di PTN dapat dilihat di laman masing-masing PTN.

Siswa pendaftar dapat memilih paling banyak dua program studi dalam satuPTN atau duaPTN. Urutan pilihan PTN dan program studi menyatakan prioritas pilihan.

Siswa SMK hanya diizinkan memilih program studi yang relevan sesuai ketentuan oleh masing-masing PTN.

Daftar program studi dan daya tampung SNMPTN tahun 2019 dapat dilihat pada laman http://www.snmptn.ac.id selama periode pendaftaran.

Siswa pendaftar tidak dipungut biaya apa pun. Biaya penyelenggaraan SNMPTN sepenuhnya ditanggung pemerintah.

Kesempatan ini tentu tidak boleh di sia-siakan para peminat, dan jangan sampai terlambat melakukan pendaftaran.

Topik berita Terkait:
  1. Nasional
Berikan Komentar
Komentar Pembaca