somberena parlementa

Sektor Pariwisata Berpotensi Sumbang Lebih 20 % Dari Total PAD

Minggu, 24 Februari 2019 12:36 WITA Reporter :
Sektor Pariwisata Berpotensi Sumbang Lebih 20 % Dari Total PAD

MAKASSARMETRO– Pemerintah Kota Makassar melalui Dinas Pariwisata melakukan segala upaya untuk meningkatkan kunjungan wisatawan di Kota Makassar.

Selain meluncurkan kalender event wisata, Dispar Makassar juga fokus mengembangkan destinasi wisata di sejumlah lokasi.

Plt. Kepala Dispar Makassar, Kamelia Thamrin mengatakan, tahun lalu jumlah kunjungan mencapai sekitar 6,6 orang wisatawan. Terdiri dari 6,5 juta wisatawan mancanegara dan 93 ribu wisatawan nusantara.

Dari kunjungan tersebut berhasil menyumbangkan penerimaan pendapatan asli daerah sekitar Rp. 300 miliar atau sekitar 20 persen dari total PAD.

“Pendapatan asli daerah dari sektor pariwisata sebesar Rp. 300 miliar, yang meliputi pajak hotel, hiburan, restoran atau sekitar 20 persen dari total PAD 2018,” ungkap Kamelia Thamrin.

Untuk tahun ini, kata Kamelia Thamrin, dengan target total kunjungan 7,9 juta wisatawan, PAD Kota Makassar dapat lebih besar di tahun ini.

“Tentunya kami berharap, dapat lebih banyak sumbangsih dari sektor pariwisata. Apalagi tahun ini kita target 7,8 juta wisman dan 112 ribu wisnus yang berkunjung ke Makassar,” katanya.

Optimisme Kamelia bukan tanpa alasan, Gubernur Sulsel bakal menginstruksikan setiap kapal yang berlabuh di Makassar minimal harus tinggal satu malam.

“Makanya pemerintah daerah didorong untuk mengembangkan destinasi wisata, jadi orang yang niatnya transit di Makassar bisa berwisata terlebih dulu,” ujarnya.

Sementara itu, Kepala Bappeda Makassar, Andi Khadijah Iriani mengaku sepakat dan menghimbau semua SKPD untuk mendukung penuh Meski begitu dia mengingatkan, agar kapasitas SDM di setiap destinasi perlu diperhatikan.

“Yang paling penting itu SDM, kapasitasnya. Bagaimana menjaga dan merawat destinasi wisata. Jadi memang perlu dan kami dukung, Karena selama ini, MICE yang meningkatkan okupansi di hotel-hotel,” pungkasnya.

Topik berita Terkait:
  1. Bappeda
  2. Dispar
Berikan Komentar
Komentar Pembaca