pelayanan publik

Dispar Makassar Sebut CBFW 2019 Ajang Edukasi Budaya Bagi Milenial

Kamis, 04 April 2019 21:44 WITA Reporter : Helmi
Dispar Makassar Sebut CBFW 2019 Ajang Edukasi Budaya Bagi Milenial

MAKASSARMETRO– Celebes Beauty Fashion Week 2019 bukan hanya sekedar event menunjukkan trend di dunia fashion saja. Dinas Pariwisata Kota Makassar menegaskan CBWF lebih ke ajang edukasi budaya bagi milenial.

Plt. Kepala Dispar Makassar, Kamelia Thamrin Tantu mengatakan, CBWF yang mengusung tema The Future of Culture mengajak kaum muda untuk bangga dengan budaya yang dimiliki.

Menurutnya, Makassar juga memiliki kekayaan dan warisan budaya di dunia fashion. Bahkan dia menyebut, justru budaya yang dimiliki kah yang membuatnya unik serta memiliki nilai jual.

“Dengan kekayaan budaya, salah satunya kain serta motif khas Makassar yang kita miliki, toh dengan sentuhan kreatif bisa tetap tampil modis dan tanpa perlu kehilangan trend. Dan pastinya sangat bernilai,” ungkap Kamelia Thamrin.

Dinamika budaya, seperti akulturasi, asimilasi dan fusi, kata Kamelia Thamrin turut mempengaruhi model produk kebudayaan di dunia fashion. Namun, nilai dari produk budaya lokal harus lestari.

“Budaya itu dinamis, dan berpengaruh bagi trend. Tapi value atau nilai produk kebudayaan kita, kekayaan warisan leluhur kita, kain, corak harus betul-betul mampu dilestarikan,” ucapnya.

Sementara itu, Kabid Ekonomi Kreatif, Amalia Malik mengatakan, CBWF kali ini terasa istimewa. Sebab berkorelasi erat dengan rangkaian kegiatan Pencanangan Hari Kebudayaan Makassar pada 1 April.

“Ada beberapa kegiatan Dispar di bulan ini yang turut meramaikan rangkaian Hari Kebudayaan selama sebulan ini, sebelumnya ada Performing Arts dan CBWF. Menyusul sejumlah kegiatan lainnya seperti MCN dan Tradisional Food Vaganza. Semuanya tentang budaya,” pungkasnya.

Topik berita Terkait:
  1. Dispar
Berikan Komentar
Komentar Pembaca